Thursday, September 19, 2019
Home News ​Modalku Gandeng Bank Sinarmas Untuk Berikan Pembiayaan Peer to Peer

​Modalku Gandeng Bank Sinarmas Untuk Berikan Pembiayaan Peer to Peer

-


Jakarta, Selular.ID – Modalku yang merupakan platform pinjam meminjam langsung di Indonesia hari ini (04/08/16) mengandeng Sinarmas TBK (BSIM) melakukan kerjasama pembiyayaan peer to peer lending (P2P) bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Dijelaskan Reynold Wijaya Ceo Modalku menuturkan, melalui kemitraan ini BSIM dapat memberikan pembiayaan kepada wirausahaan (UMKM) melalui platform Modalku. Dikatakan Reynold selain memberikan kredit, BSIM juga akan menjadi escrow agent yang mengelola rekening penampungan selama proses pemberian pinjaman berlangsung. Para pemberi pinjaman Modalku dapat membuka virtual account di BSIM.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari visi kami untuk menjadi salah satu bank terkemuka dalam keuangan digital,” ujar Reynold.

Lebih jauh Reynold menjelaskan mengenai P2P lending, yang merupakan praktik mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dengan pihak pemberi pinjaman melalui platform online, dan kemitraan antara Bank  Sinarmas dan Modalku bermula dari perhatiaan kedua pihak terhadap segmen missing middle di Indonesia, yang artinya ‘UKM layak namun belum layak kredit’ di Indonesia.

Dikatakan Reynold missing midle adalah segmen usaha dengan pendapatan antara Rp10 juta hingga Rp100 juta yang memiliki pontesi dan kapasitas untuk tumbuh, namun terhambat kurangnya akses terhadap pembiayaan.

Keterbatasaan memperoleh kredit bagi segmen usaha ini diperkirakan berdampak pada hilangnya potensi produk domestik bruto (PDB) sebesar US$ 130 miliar atau sekitar Rp1703 triliun.

“Dengan hadirnya platform P2P lending seperti Modalku, dihararapkan UMKM mempunyai akses pembiayaan yang luas, sehingga dunia keuangab di Indonesia semakin inklusif,”harap Reynold.

Sementara Freenyan Liwang Direktur Utama Bang Sinarmas menambahkan dengan menggandeng Modalku, BSIM memproyeksikan dapat menjangkau lebih nasabah, termasuk nasabah yang berada di desa-desa kecil di seluruh Indonesia. Selain itu pembiyaan melalui Modalku akan mendidik para nasabah untuk lebih mengenal aplikasi teknologi.

Latest