Senin, 27 Mei 2024

Message from CEO

Berubah atau Jadi Sejarah!

Tantangan zaman digital memang luar biasa. Begitu luar biasanya sehingga sebagian orang khawatir, akankah media-media konvensional akan lenyap seperti dinosaurus”.

Itulah sebagian cuplikan pidato Emmanuel Hogg, CEO Kantor Berita Perancis AFP, dalam “Konferensi Jurnalisme dan Sosial Media” yang digelar Canal Francais International (CFI) di Montpellier, Prancis (14/5/2013).

Perubahan paling nyata, adalah cara orang mengkonsumsi media. Dahulu, pagi diawali dengan membaca koran, lalu menonton televisi berita, dan mendengar radio. Kini, dengan gadget dan smartphone, semuanya berubah. Facebook, Twitter, blog, media online, Youtube dan segenap isi internet telah menjadi sumber informasi utama.

Situasi makin kompleks dengan melesunya ekonomi yang memukul dunia bisnis. Sehingga berdampak pada anjloknya pendapatan iklan. Di tengah situasi yang sangat pelik ini, media perlu mencari jalan tengah. Model bisnis baru perlu ditemukan. 

Karena sebenarnya, media sebagai pengantar pesan sekaligus berita kepada khalayak tak akan pernah mati. Hanya platformnya berubah sejalan dengan kemajuan teknologi yang mendorong tumbuhnya perilaku baru masyarakat.

Sebagai pionir media telekomunikasi di Indonesia, Selular Media Network (SMN) juga bertranformasi di era digital di tengah perubahan yang telah banyak memakan korban media cetak. Seperti bisnis lainnya, konvergensi di industri media merupakan kata kunci jika ingin tetap survive. Beragam inovasi dihadirkan SMN demi menjawab tantangan era digital.

Untuk menemukan keseimbangan baru, SMN secara konsisten menerapkan empat strategi. Pertama, membuat berita yang lebih solid dengan pilihan angle yang tidak generik serta dilengkapi analisis. Kedua, membuat konten multimedia yang mampu menarik visitor. Ketiga, membangun engagement dengan publik media sosial. Keempat, mengembangkan event berbasis komunitas dan industri.

Angin perubahan merupakan keniscayaan. Namun berbekal komitmen dan sumber daya yang telah kami rintis sejak 2000, SMN akan tetap berkontribusi dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari industri telekomunikasi nasional.

Uday Rayana
CEO & Editor in Chief

SELULAR AWARD – Ajang Penghargaan Terkemuka Sejak 2003

Sebagai bagian dari inovasi produk dan layanan, SMN menggelar Selular Award. Event ini pertama kali digelar oleh Selular (saat itu masih berbentuk majalah) pada 2003.  

Sejak awal kehadirannya, Selular Award disambut baik oleh kalangan industri, karena dapat menjadi parameter dan pencapaian kinerja, sekaligus mendorong kompetisi yang sehat. 

Seperti halnya Majalah Selular yang merupakan media pertama, Selular Award juga menjadi ajang penghargaan pertama di industri telekomunikasi.

Penyelenggaraan yang teratur tanpa pernah terputus sejak 2003, membuat Selular Award layak menyandang predikat sebagai “The First and The Most Consistent”. Dengan tetap menjaga konsistensi, tak heran jika ajang ini selalu dinantikan oleh kalangan industri.

Selular Award merupakan wujud apresiasi SMN kepada industri ICT, khususnya operator telekomunikasi, vendor jaringan, vendor handset, perusahaan teknologi, dan perusahaan lainnya atas kontribusi mereka kepada masyarakat dengan layanan terbaiknya. Penghargaan juga diberikan kepada tokoh dan eksekutif yang memiliki prestasi sekaligus kontribusi terhadap industri selular.

Melalui Selular Award, masyarakat dan dunia usaha dapat menilai brand-brand dan perusahaan yang memiliki prestasi mencorong. Mereka yang mampu meraih penghargaan di ajang Selular Award, dinilai telah mampu mengatasi tantangan, sekaligus menunjukkan prestasi yang signifikan dibandingkan para pesaing. Keberhasilan tersebut dapat mendorong reputasi brand, menumbuhkan loyalitas konsumen, dan meningkatkan penjualan.

SELULAR CONGRESS – Dorong Terbentuknya Ekosistem Digital

Terinspirasi dari gelaran MWC (Mobile World Congress) yang saban tahun digelar di Barcelona, Spanyol, dan menjadi magnet industri ICT global, Selular Media Network (SMN) menggelar event prestisius, yakni Selular Congress. Ajang ini mulai terselenggara sejak 2016 dan langsung mendapat sambutan dari kalangan industri ICT Tanah Air.

Selular Congress bertujuan mendorong tumbuhnya peluang usaha di berbagai bidang sehingga mempercepat ekosistem digital. Memberikan ruang sekaligus networking bagi para pebisnis dari berbagai bidang dengan industri selular sebagai enabler.

Para pembicara dari berbagai kalangan baik pemerintahan, industri, lembaga riset, dan akademisi, akan berbagi pengalaman tentang peluang dan tantangan yang dihadapi korporasi/lembaga dalam upaya melakukan transformasi sesuai dengan ekosistem digital yang berkembang saat ini.

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN