spot_img
BerandaNewsTelcoMerger Indosat-Tri Indonesia, Pakar: Telkomsel Tetap Dominan, Hanya Menemukan Pesaingnya Semakin Kuat...

Merger Indosat-Tri Indonesia, Pakar: Telkomsel Tetap Dominan, Hanya Menemukan Pesaingnya Semakin Kuat    

-

Jakarta, Selular.ID – Kesepakatan untuk merger antara Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia, yang nantinya bakal mengusung nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison), dianggap bakal mengubah peta persaingan operator selular di Indonesia.

DR Sigit Puspito Wigati Jarot, Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Nasional (Infratelnas) Mastel, kepada selular menekankan peleburan dua perusahaan telekomunikasi ini memang bakal membuat Telkomsel menemukan pesaing terberatnya.

“Maka dengan hadirnyna Indosat Ooredoo Hutchison, posisi Telkomsel kemungkinan masih akan tetap menjadi operator dominan di Tanah Air. Dan kemungkinannya adalah operator plat merah itu menemui pesaing yang semakin kuat, karena dengan merger tentunya secara kekuatan basis pelanggan dan modal juga semakin kuat,” jelas Sigit.

Baca juga: Merger Indosat-Tri Indonesia, Mastel: Sehatkan Industri dan Infrastruktur Digital

Dari merger ini, Sigit menekankan pada akselerasi layanan 5G, karena kekuatan modal yang melancarkan laju bisnis sebuah perusahaan membua operator selular bergerak kian leluasa. “Jadi persaingan, ketika operator memasuki era 5G akan berjalan semakin seru,” cetusnya.

Dan tak hanya Sigit, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi juga berpandangan demikian. Meleburnya Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia tidak  serta merta dapat mengalahkan Telkomsel.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Selular.ID (@selularid)

Menurutnya merger ini merupakan game changer dari kompetisi di bisnis seluler, yang juga tidak menutup kemungkinan aksi Indosat Ooredoo dan Tri Indonesia bakal mendorong merger pemain lainnya kedepan, karena faktanya pula industri telekomunikasi hanya sehat untuk tiga pemain saja.

Baca juga :  Segmen B2B Bakal Menjadi Tambang Uang Operator di Era 5G

Baca juga: UU Cipta Kerja Memungkinkan Indosat Ooredoo Menggunakan Seluruh Spektrum Pasca Merger

“Jadi Telkomsel akan head to head dengan Indosat Ooredoo Hutchinson. Hanya saja, kalau operator gabungan dianggap bisa mengalahkan Telkomsel, saya kira tidak semudah itu, dan jalannya masih panjang. Karena Telkomsel sudah begitu kuat menguasai separuh bisnis seluler di Indonesia,” tuturnya kepada Selular, melalui pesan singkatnya.

Dirinya pun juga memastikan, dengan hadirnya Indosat Ooredoo Hutchison akan berpengaruh pada layanan 5G yang dimilikinya, “Dengan penggabungan ini maka layanan 5G juga akan kuat, karena akan ada tambahan frekuensi dan layanan internet makin luas,” tandasnya.

Baca juga :  260 BTS 4G XL Axiata Sambangi Pelosok Kalimantan Barat

Baca juga: Pengamat: Penguasaan Frekuensi 1800 Mhz Indosat-Tri Indonesia Dua Kali Lebih Besar dari Telkomsel dan XL Axiata

Sekedar tambahan, kesepakatan untuk merger ini menciptakan penguasaan frekuensi yang besar, Indosat Ooredoo menggunakan frekuensi sebesar 47,5 MHz yang tersebar di 850 (2,5 MHz), 900 (10 MHz), 1800 (20 MHz) dan 2100 MHz (15 MHz). Sedangkan Tri Indonesia memiliki frekuensi sebesar 25 MHz yang tersebar di 1800 (10 MHz) dan 2100 MHz (15MHz).

Maka jika sumber frekuensi ini tetap dikelola, maka frekuensi gabungan kedua yang dikantongi menjadi 72,5 MHz.

spot_img

Artikel Terbaru