spot_img
BerandaNewsEnterprisePentingnya Peran Data Center di Sektor Digital, Telkomsigma Terus Lakukan Pembaruan

Pentingnya Peran Data Center di Sektor Digital, Telkomsigma Terus Lakukan Pembaruan

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam memilih data center, penting untuk memastikan track record dari provider dengan melihat aspek expertise dan experience-nya.

Menurut Tanto Suratno, Direktur Business & Sales Telkomsigma akan lebih baik jika provider (data center) didukung oleh praktisi ahli bersertifikasi untuk mengoperasikan dan mengelola data center secara best practice dan mengacu pada standar internasional.

Di tengah ramainya perbincangan bisnis data center saat ini, Telkomsigma kian menguatkan eksistensinya sebagai penyedia data center di Indonesia. Hal ini kian dibuktikan dengan keberhasilannya dalam memperoleh penghargaan “The Best in Building and Managing Corporate Image” untuk kategori Data Center dalam ajang Corporate Image Award 2021.

“Perolehan Corporate Image Award 2021 pada kategori data center semakin menegaskan peran serta Telkomsigma sebagai penyedia unggul data center karena telah memenuhi berbagai kriteria penting dari data center selain dari aspek operasionalnya,”ujar Tanto.

Keberhasilan ini tentu bukan tanpa sebab, menurut Tanto, percepatan digitalisasi mendorong peran data center menjadi semakin esensial sebagai infrastruktur yang mendasari operasi sektor digital berbasis cloud. Terlebih lagi, Indonesia menjadi hotspot pasar data center di Asia Tenggara sehingga menyedot perhatian berbagai kalangan untuk turut mendirikan data center di Indonesia.

Sehingga penting bagi Telkomsigma terus melakukan pembaruan, per tahun 2021, Telkomsigma terus menjaga operasi layanan data center-nya melalui pembaruan sertifikasi data center, yang salah satunya adalah dengan melakukan perpanjangan sertifikat Tier III Operation (TCOS) level Gold dari Uptime Institute hingga 2024.

Adanya sertifikat Tier III Operation menjamin operasi data center yang dikelola secara terstruktur dan telah melalui tahapan assessment serta audit pada aspek operasi, software, infrastruktur, SDM, dan berbagai komponen lainnya sehingga menjamin operasi data center agar terhindar dari potensi terjadinya downtime yang tak terduga.

Baca juga :  Solusi Enterprise untuk IoT HMD Enable Pro Mulai Tersedia di Indonesia

“Dengan begitu, melalui sertifikat Tier III Operation yang hingga kini masih menjadi satu-satunya yang tersedia di Indonesia, data center Telkomsigma mampu melakukan proses production non-stop secara maksimal dengan didukung oleh keberadaan fasilitas disaster recovery yang andal,”urai Tanto.

Selain itu, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pemain data center di Indonesia, Telkomsigma menawarkan kapabilitas layanan data center secara end-to-end mulai dari colocation, cross connect, remote & smart hand, managed operation, hingga tersedianya layanan consulting dan construction yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membangun data center.

Baca juga :  Solusi Enterprise untuk IoT HMD Enable Pro Mulai Tersedia di Indonesia

Baca Juga:Diberlakukan Akhir 2021 Perbankan Didorong Segera Implementasikan Bi-Fast Payment

Tekomsigma saat ini tengah memegang tata kelola bagi 18 internet data center TelkomGroup (neuCentriX) dan juga 3 enterprise data center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Per 2021, lebih dari 300 pelanggan segmen enterprise, pemerintahan, startup, dan termasuk 60% diantaranya sektor perbankan dan finansial berada dalam cakupan operasional data center Telkomsigma. Angka tersebut menurut Tanto, belum termasuk penambahan berbagai proyek yang sedang berjalan seiring dengan demand pusat data yang terus meningkat.

“Peraihan Corporate Image Award selain menjadi apresiasi, tentu menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkomitmen dalam menjalankan standar operasi data center secara best practice, serta terus menguatkan visi kami sebagai mitra transformasi digital pilihan di Indonesia melalui pilar bisnis kami dalam IT Services, Cloud, Data Center, dan Digital Services”, pungkas Tanto.

 

 

spot_img

Artikel Terbaru