Tuesday, October 27, 2020
Home News Ini Lima Tuntutan DPR Ke Kominfo Terkait Keamanan Data Pelanggan

Ini Lima Tuntutan DPR Ke Kominfo Terkait Keamanan Data Pelanggan

-

Jakarta, Selular.ID – Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menkominfo dan Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama dengan operator tekekomunikasi yang dikakukan hari ini senin (19/03/18) menghasilkan lima kesimpulan yang harus dilakukan Kominfo.

Kesimpulan yang berisi lima poin itu dibacakan Meutya Hafid, Wakil Ketua Komisi I DPR RI sebagai pimpinan rapat.

Dikatakan dia, Komisi I DPR RI mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoninfo) untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh terkait proses registrasi kartu prabayar.

“Sehingga tidak ada pihak dapat melakukan penyalahgunaan data pribadi pelanggan,” kata Meutya, di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta.

Lalu, komisi I DPR RI mendesak Kemkominfo untuk menata sistem pertanggungjawaban pengamanan data pelanggan yang dikelola oleh operator telekomunikasi sebagai bentuk perlindungan terhadap warga negara.

Poin ke tiga, dalam rangka memastikan  negara melindungi data pribadi pelanggan, Komisi I DPR RI akan membentuk Panja (panitia kerja) perlindungan data pelanggan seluler dan pembentukannya akan ditetapkan dalam rapat internal komisi I DPR RI.

Kemudian, komisi I DPR RI mendesak Menkominfo untuk melakukan rekonsiliasi data pelanggan seluler dan operator telekomunikasi untuk memberitahu kepada masyarakat terkait informasi pengunaan nomor induk kependudukan (NIK)  dan Kartu Keluarga (KK) yang digunakannya pada proses registrasi nomor seluler kartu prabayar.

Poin terakhir tuntutan Komisi I DPR adalah,  mendesak Kemkominfo untuk mengoptinalkan sosialisasi secara lebih intensif kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga data pribadi dan tidak memberikannya kepada pihak yang tidak berhak.

Baca juga: Polemik Registrasi Prabayar, DPR Desak Kominfo Ungkap Kebenaran

“Guna mendalami sistem pengaman data pelanggan, Komisi I DPR RI akan menyelenggarakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kemkominfo dan Kemendagri,” tutur Meutya.

Rapat Kerja yang dimulai sejak pukul 13.00 Wib dan berakhir pukul 18.00 Wib.

Latest