Top 5 Ponsel Lipat Q1-2022: Galaxy Z Fold 3 Punya Pesaing Kuat

Oppo Find N

Selular.ID – Seperti yang sudah bisa ditebak, Galaxy Z Flip 3 besutan Samsung menjadi model ponsel lipat terlaris saat ini, setidaknya menurut laporan DSCC Q1-2022.

Di tempat kedua ada saudaranya Galaxy Z Fold 3 dengan selisih angka yang tidak terlalu jauh dari tempat ketiga.

Adalah Huawei P50 Pocket menjadi ponsel lipat terlaris ketiga menurut laporan tersebut.

Kendati Huawei masih tidak diizinkan untuk menggunakan Android, Google Play Store, atau Google Mobile Service, namun ponsel lipatnya berhasil mempersempit gap dengan sang penguasa pasar Samsung.

Huawei P50 Pocket berhasil mendorong vendor ke 20 persen pangsa pasar global untuk kategori ponsel yang berkembang pesat selama tiga bulan pertama tahun ini.

Angka itu jelas naik dari hanya 9 persen pada kuartal terakhir tahun 2021.

Baca Juga: Vivo Ramaikan Persaingan Smartphone Lipat dengan Varian X Fold

Kendati supremasi Samsung tidak terlihat terancam dalam jangka pendek, namun Huawei bisa membangun kemajuan ini untuk masa depan.

Mengenai masa depan, saat ini pasar ponsel lipat yang masih kecil tetapi berkembang pesat, dan jelas terlihat cerah, dengan peningkatan keseluruhan 107 persen yang diproyeksikan sepanjang tahun oleh DSCC.

Tidak mengherankan dalam tiga besar, kesenjangan sangat kecil antara #2 dan #3.

Dengan proyeksi tersebut, itu akan membawa jumlah total pengiriman ponsel lipat menjadi lebih dari 16 juta unit, yang tentu saja dalam skema besar industri seluler global belum banyak, tetapi diperkirakan akan terus tumbuh pada kecepatan yang sama (atau lebih cepat) di masa depan.

Baca Juga: Canalys: 2024, Pengiriman Ponsel Lipat Akan Mencapai 30 Juta/Tahun

Samsung menyumbang 74 persen dengan dari 2,22 juta unit yang terjual di seluruh dunia antara Januari dan Maret 2022.

Galaxy Z Flip 3 (sekali lagi) sejauh ini merupakan model individu paling sukses.

Huawei P50 Pocket datang secara mengejutkan hampir mengalahkan Galaxy Z Fold 3 untuk posisi medali perak.

Sementara ponsel lipat lainnya tidak ada yang mencapai market share 2,5 persen.

Baca Juga: Ponsel Lipat Huawei P50 Pocket Dijual Rp23 Jutaan

Rumor yang beredar menyebutkan, Galaxy Z Fold 4 akan jauh lebih populer daripada pendahulunya berkat “harga peluncuran yang lebih rendah dari perangkat tahun lalu.”

Tentu saja ini bukan pertama kalinya kita mendengar tentang kemungkinan penurunan harga Z Fold 4 dan Z Flip 4 dibandingkan dengan pendahulunya di tahun 2021, karena hal itu telah terjadi pada Fold 3 dan Flip 3 dibandingkan perangkat 2020.

Tetapi sayangnya, tidak ada pembocor atau analis industri yang cukup berani untuk membicarakan berapa besar penurunan angka banderolnya kelak.

Pemain baru akan datang

Satu hal menarik yang disebutkan dalam laporan pasar hari ini adalah ada tiga merek yang kemungkinan akan bergabung dengan kategori ponsel lipat untuk paruh kedua tahun 2022.

Karena ketiga perusahaan ini tidak disebutkan namanya, namun bisa dipastikan bukan Google dan Apple yang konon gagal memasuki pasar tahun ini.

Lalu siapa tiga merek misterius itu? Kita tunggu saja sampai waktunya tiba.

Baca Juga: Xiaomi Garap Ponsel Lipat Baru, Usung Kamera Selfie Pop-Up