Aplikasi di Google Play Store Kerap Bermasalah, Keamanan Baru Bakal Hadir

Google Simpan Lebih dari Satu Juta Aplikasi Berbahaya di Play Store
Google Simpan Lebih dari Satu Juta Aplikasi Berbahaya di Play Store

Selular.ID – Aplikasi di Google Play store kerap bermasalah, mulai dari malware, hingga langgar privasi. Sehingga google membekali toko aplikasi dengan keamanan baru.

Google menampung keinginan pengguna dan pengembang aplikasi, bahwa menampilkan data yang dikumpulkan aplikasi, tanpa konteks tambahan, tidak cukup. Sehigga data safety di Play Store dirancang untuk menunjukkan kepada pengguna.

Hal detail tentang aplikasi data yang dikumpulkan dan bagaimana penggunaannya. Pasalnya pengguna ingin tahu untuk tujuan apa data mereka dikumpulkan dan apakah pengembang membagikan data pengguna dengan pihak ketiga.

Selain itu, pengguna ingin memahami bagaimana pengembang aplikasi mengamankan data pengguna setelah aplikasi diunduh.

Baca Juga: Google Matikan Aplikasi Perekam Panggilan Telepon Bulan Depan

Google merancang bagian keamanan data untuk memungkinkan pengembang menandai dengan jelas data apa yang dikumpulkan dan untuk tujuan apa data tersebut digunakan.

Pengguna juga dapat melihat apakah aplikasi memerlukan data ini untuk berfungsi atau apakah pengumpulan data ini opsional.

Pengembang juga harus mengidentifikasi (“Data dibagikan”) apakah informasi tersebut sedang dikomunikasikan dengan pihak ketiga, serta praktik keamanan/penanganan (misalnya enkripsi data dalam perjalanan) aplikasi mereka, dan apakah pengguna akhir dapat dengan mudah meminta data mereka untuk dihapus.

Bagian ini akan diluncurkan secara bertahap untuk pengguna selama beberapa minggu mendatang.

Pengembang aplikasi memiliki waktu hingga 20 Juli mendatang untuk menambahkan informasi ke cantuman mereka, sehingga bagian tersebut mungkin tidak segera muncul untuk semua orang. Inisiatif ini pertama kali diumumkan tahun lalu.

Menurut Google, bagian tersebut merupakan upaya untuk memberikan lebih banyak informasi dan konteks kepada pengguna.

Baca Juga: 2 Cara Gunakan Google Maps Saat HP Sedang Offline, Berfungsi Meski Tidak Ada Paket Data

Juga akan ada informasi tentang apakah pengembang mengikuti Kebijakan Keluarga Google Play serta apakah praktik keamanan mereka telah menerima validasi pihak ketiga.

Menurut halaman dukungan Google, salah mengartikan praktik pengumpulan data aplikasi atau gagal mengisi bagian ini dapat berarti bahwa pembaruan aplikasi diblokir, dan mungkin dihapus dari Play Store.