Sulitnya Memutus Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone Premium

Sulitnya Memutus Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone Premium

Cerahnya Prospek Pasar Smartphone Premium

Mengacu pada tren yang terjadi sepanjang tahun lalu, Analis Senior Varun Mishra, mengomentari prospek pertumbuhan smartphone premium di tahun-tahun mendatang.

Varun menyebutkan bahwa segmen premium, didorong oleh permintaan pengganti di seluruh pasar, kemungkinan akan terus tumbuh dan melampaui pertumbuhan pasar ponsel pintar global.

Peluang besar lainnya yang mendorong segmen ini adalah basis terpasang pengguna Huawei di China, yang mendekati siklus penggantiannya.

Persaingan di segmen premium China memang sangat ketat. Huawei masih mampu mempertahankan posisi kedua pada 2021, namun dengan keterbatasan terhadap akses komponen, terutama chip, memberi peluang bagi OEM lainnya untuk mencuri pasar yang kini masih dikuasai olehnya.

Baca Juga: Begini Cara MediaTek Gerogoti Pasar Prosesor Premium yang Dikuasai Qualcomm

Selanjutnya, peluncuran perangkat lipat dengan harga lebih rendah dari sebelumnya juga akan mendorong pertumbuhan di pasar premium.

Samsung telah memamerkan perangkat lipat sebagai pasar yang layak. Namun kehadiran smartphone lipat dari Apple akan menjadi milestone baru untuk kekokohan teknologi dan mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

Dapat dipastikan, seperti halnya iPhone 12 dan iPhone 13, smartphone layar lipat yang kelak akan diluncurkan Apple, dapat menjadi game changer selanjutnya dari vendor yang berbasis di Cupertino, California itu.

Baca Juga: Bincang Eksekutif: Persaingan Smartphone Premium 2022 Kian Sengit, Bagaimana Strategi Oppo Indonesia?

Saat ini, pangsa pasar smartphone lipat masih dikuasai Samsung. Menurut laporan oleh firma riset Omdia, pada 2021, pengiriman smartphone yang dapat dilipat mengalami rekot pertumbuhan hingga 309% dari tahun ke tahun.

Sebagai pembuat ponsel pintar terbesar di dunia dan pemain kunci dalam kategori smartphone lipat, Samsung tak tanggung-tanggung mampu menggamit lebih dari 88% dari pengiriman ponsel tersebut di pasar global. Kehadiran smartphone lipat dari Apple, mungkin akan memutus dominasi Samsung di segmen ini.

Baca Juga: Kuasai Lebih dari 50% Pangsa Pasar, Mengapa Apple Begitu Digdaya di Segmen Smartphone Premium?