Sulitnya Memutus Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone Premium

Sulitnya Memutus Dominasi Apple dan Samsung di Pasar Smartphone Premium

Selular.ID – Pasar smartphone global sepanjang 2021 tumbuh tipis. Laporan International Data Corporation (IDC) menunjukkan, pengiriman smartphone global mencapai 1,35 miliar unit. Naik hanya 5,74% dibandingkan periode yang sama 2020 (YoY) sebanyak 1,28 miliar unit.

Seperti halnya IDC, lembaga riset pasar Counterpoint juga melaporkan bahwa pasar smartphone global tumbuh untuk pertama kalinya sejak 2017, dengan pengiriman tahunan mencapai 1,39 miliar unit pada tahun 2021.

Meskipun pertumbuhan tahunan mencapai 5%, Counterpoint mengatakan bahwa pengiriman tahunan tetap di bawah tingkat pra-pandemi karena dampak COVID-19 yang berkelanjutan serta kekurangan pasokan komponen.

Menariknya, di tengah pengiriman smartphone yang secara umum hanya tumbuh tipis, namun pangsa segmen premium terlihat melonjak drastis.

Temuan Counterpoint menunjukkan, penjualan pasar smartphone premium di seluruh dunia (kira-kira $400, ASP/average selling price), meningkat sebesar 24% dari tahun ke tahun untuk mencapai level tertingginya pada 2021.

Menurut laporan tersebut, pertumbuhan sektor premium mengungguli kenaikan 5% YoY dalam keseluruhan penjualan smartphone global pada 2021. Pasar premium saja menyumbang 27% dari penjualan smartphone di seluruh dunia, pangsa terbesar dalam sejarah.

Baca Juga: Penjualan Ponsel di India Turun Drastis, Krisis Pasokan Jadi Biang Kerok

Dalam hal penjualan, Apple memimpin pasar, diikuti oleh Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan beberapa produsen lainnya dengan pangsa pasar yang signifikan.

Banyak faktor di balik meningkat pertumbuhan smartphone premium. Termasuk meningkatnya permintaan untuk perangkat 5G, strategi OEM, dinamika rantai pasokan, dan lainnya, telah berkontribusi pada pertumbuhan angka penjualan.

Selain masalah rantai pasokan, perusahaan ekosistem menekankan perangkat segmen premium untuk mengejar margin dan profitabilitas yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, penelitian membuktikan bahwa 5G telah menjadi pilihan standar di segmen premium. Namun, karena lini produk ini beralih ke 5G pada 2022 dan 5G mulai menembus pasar berkembang, pangsa pasar LTE diperkirakan akan menurun.

Baca Juga: 18 Ponsel dengan Kamera 108MP yang Edar di Indonesia

Halaman berikutnya

Pangsa Pasar Apple Terus Membesar Setiap Tahunnya