Selular.ID – Meski dibanderol dengan harga selangit, namun keunggulan yang dibawa oleh sejumlah smartphone flagship mampu menghipnotis para pecinta gadget hingga rela merogoh kocek lebih demi meminang ponsel kelas atas.
Maka tak heran, jika para industri telepon genggam juga menjadikan ponsel premium sebagai sorotan utama dalam penjualannya.
Menurut Counterpoint Technology Market Research, pasar segmen premium terbilang seksi. Di Indonesia sendiri, Counterpoint memperkirakan pasar smartphone segmen premium akan tumbuh secara gradual.
Dengan animo yang semakin meningkat dan margin keuntungan yang lebih tinggi, Counterpoint memprediksi pertumbuhan smartphone premium akan terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang.
Catatan dalam laporan itu tumbuh sekitar 10%, berkat kedatangan perangkat 5G dan ponsel lipat serta munculnya segmen premium dengan harga terjangkau.
Baca juga: Ancaman Siber Hantui Aset Kripto, PINTU Pasang Strategi Ini…
Salah satu brand smartphone terkemuka yang ikut bermain di ranah smartphone premium ialah Oppo.
Raksasa teknologi asal China ini bisa dibilang berhasil membuktikannya lewat tingginya minat dan penjualan sejumlah ponsel kelas atasnya.
View this post on Instagram
Seperti Oppo Find X3 Pro 5G misalnya, smartphone yang bertenaga chipset Snapdragon 888 5G ini menguasai 10% pangsa pasar selama penjualan kuartal pertama di tahun 2021, dan menjadi brand terbaik keempat di dunia.
Pada kuartal yang sama pula, Oppo telah membukukan angka penjualan yang luar biasa di pasar global, di mana pengiriman ke luar negeri meningkat hingga 25,5% secara year-on-year.
Selain itu, Oppo juga kembali membuktikan kesuksesan pasar smartphone premiumnya lewat penjualan ponsel lipat perdananya yakni series Oppo Find N yang berhasil terjual habis pada penjualan batch pertama di China.
Baca juga:Â Bincang Eksekutif: Setelah Menjadi Produsen Smartphone Gaming Terjangkau, Sekarang Infinix Mau Apalagi?
Bukti keberhasilan yang diraih Oppo dalam penjualan smartphone premium ini bisa dibilang menjadi senjata untuk terus berperang dalam menghadapi sengitnya persaingan di pasar ponsel kelas atas.
Lantas, seperti apakah strategi Oppo Indonesia untuk bersaing lebih tangguh lagi di pasar smartphone premium di 2022 ini?
Untuk mendapat berbagai jawaban dari catatan tersebut, mari ikuti program Bincang Eksekutif secara live di Channel Youtube SelularTV pada Rabu, 16 Februari 2022 Pukul 11.00 WIB.
Program talk-show ini akan mengangkat tema ‘Menyingkap Kiat dan Strategi Oppo Bersaing di Pasar Smartphone Premium’ dengan pembicara Patrick Owen, Chief Creative Officer Oppo Indonesia, dipandu oleh Uday Rayana, selaku Editor in Chief Selular.