Susul Oppo Find N, Xiaomi Siapkan Perangkat Lipat Terbaru Mix Fold 2

Susul Oppo Find N, Xiaomi Siapkan Perangkat Lipat Terbaru Mix Fold 2

Jakarta, Selular.ID – Pada bulan Maret 2021 lalu, Xiaomi membawa perangakt lipat pertamanya Mi Mix Fold. Dan jelang penutupan tahun, ada rumor yang menyebut jika brand teknologi asal China ini turut kembali memperiapkan perankat lipatnya untuk 2022.

Menurut beberapa pertunjuk dari beberapa sertifikasi, produk tersebut merujuk pada Mix Fold 2, yang dilaporkan bakal siap dipasarkan pada pertengahan 2022, dan tentu para penggiat gadget berharap jika perangakt lipat generasi selanjutnya Mix Fold itu dapat beredar lebih luas, tidak seperti saudara pendahulunya yang hanya di pasarkan di China.

Dari sisi spesifikasi, Mix Fold 2 akan menggunakan layar lipat internal buatan Samsung, dengan Ultra Thin Glass (UTG) di atasnya seperti Galaxy Z Fold3 dan Oppo Find N.

Baca juga: Paten Desain Lipat dan Geser Samsung Tampak Aneh

Sekedar informasi, UTG memastikan fleksibilitas dan daya tahan dengan menyuntikkan material khusus ke dalam layar. lembaran kaca yang hanya setebal 30 mikron selama pemrosesan, jauh lebih tipis dari kaca layar smartphone tradisional.

Nah, berkat ketipisan inilah yang memunculkan fleksibilitas, dan meskipun tidak tahan lama seperti Gorilla Glass yang tidak dapat dilipat, UTG masih jauh lebih tahan daripada bahan lainnya.

Dari sisi ukuran dari informasi yang sejauh ini terendus Xiaomi Mix Fold 2 sepertinya bakal berukuran 8.1″, dan harapannya tentu panel yang diusung tersebut sudah mendukung kecepatan refresh yang tinggi, menginggat Samsung adalah pemasoknya, jadi asumsinya layar yang dibawa itu 120 Hz LTPO. Selain itu, engsel Mix Fold 2 diduga akan didesain ulang dan ditingkatkan dibandingkan dengan pendahulunya.

Tentu pasar ponsel lipat di 2022 akan semakin menarik dengan, terlebih Oppo melalui perangkatnya Find N, terendus sukses di China melalui penjualan terbatasnya, yang digadang-gadang selain karena teknologi yang dusungnya, harga yang ditawarkan Oppo pada produk tersebut sangat bersaing, ketimbang Samsung.

Sejauh ini pasar ponsel lipat tercatat masih didominasi oleh Samsung, menugtip laporan penelitian yang diterbitkan perusahaan agensi layar DSCC menunjukkan bahwa pada kuartal ketiga 2021, total pengiriman ponsel layar lipat meningkat sebesar 215 persen dari bulan ke bulan dan 480 persen tahun ke tahun.

Baca juga: Ponsel Lipat Pertama Oppo Ludes Terjual, Harga Bersaing!

Menariknya, dalam hal merek, pengiriman Samsung menyumbang 93 persen pangsa pasar yang mengejutkan, sementara pengiriman Huawei menyumbang 6 persen. DSCC juga memproyeksikan pengapalan ponsel layar lipat akan meningkat dari 2,6 juta unit menjadi 4 juta unit pada kuartal keempat tahun ini.

Perusahaan juga memproyeksikan pengiriman akan meningkat menjadi 20 juta unit pada tahun depan, meskipun pasar diperkirakan mencatat kurang dari 10 juta unit dalam pengiriman tahun ini.

Dari segi model, ponsel lipat terpopuler adalah Galaxy Z Flip 3 disusul Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 5G, serta dari Huawei ada Mate X2 versi 4G, dan versi 5G menduduki peringkat keempat atau kelima.