Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Android Nougat Bakal Tak Kebagian Google Chrome Terbaru

BACA JUGA

SELULAR.ID – Google akan merilis Chrome versi 120 dalam waktu dekat. Namun,versi teranyar ini hanya tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) atau versi yang lebih baru. Perangkat dengan OS Android 7.0 Nougat tidak kebagian Chrome 120 atau versi terbaru, yang dijadwalkan rilis pada 6 Desember 2023.

Untuk itu, Chrome 119 dipastikan akan menjadi versi terakhir yang masih mendukung perangkat dengan Android Nougat.

Sebab, menurut pengumuman yang disampaikan Google di laman “Chrome Enterprise and Education Releases Notes”, ponsel dengan OS Android Nougat hanya dapat berjalan untu versi sebelumnya.

Walau tidak mendapatkan pembaruan Chrome versi 120, smartphone dengan OS Android Nougat masih dapat mengakses atau menggunakan Chrome versi terdahulu seperti sedia kala.

Baca Juga:Kominfo Akui Sulit Atur OTT Seperti WhatsApp, Google dan Lainnya

Apabila ingin mendapatkan update serta fitur baru di Chrome versi 120 dan setelahnya, OS Android pun diperbarui.

Pengguna dapat mengecek ketersediaan pembaruanOS dengan mencari opsi “Update” di menu Settings. Jika ada, Anda bisa mengunduh dan memasangnya.

Namun, tidak semua perangkat yang menjalankan Android Nougat dapat diperbarui ke Oreo atau yang lebih baru.

Dalam hal ini, satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan Chrome versi selanjutnya adalah dengan mengganti ponsel.

Langkah ini memang masuk akal mengingat Android Nougat atau Android 7 pertama kali diluncurkan pada 2016, bersamaan dengan rilisnya Google Pixel generasi pertama. Karenanya, sistem operasi ini memang terbilang sudah cukup lawas.

Sekadar informasi, hal serupa sebenarnya sudah dilakukan untuk Android 6 di tahun lalu. Ketika itu, perangkat dengan Android Marshmallow dipastikan tidak lagi mendapat dukungan Google Chrome versi 107.

Baca Juga:Pengguna Keluhkan Kehilangan Data di Google Drive

Untuk diketahui, Chrome 120 memang dilaporkan akan hadir dengan banyak pembaruan. Khusus untuk perangkat Android, beberapa pembaruan yang akan dihadirkan termasuk opsi tampilan baru.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU