Waduh! Bug di AppGallery Huawei Buat Aplikasi Berbayar Jadi Gratis

Huawei AppGallery

Selular.ID – Terjadi bug di toko aplikasi Huawei App Gallery, yang membuat pengguna bisa gunakan aplikasi berbayar menjadi gratis.

Permasalahan tersebut, telah ditemukan oleh salah satu developer Android bernama Dylan Roussel.

Ia mengungkap bahwa sistem application programming interface (API) tidak di dasari oleh perlindungan apa-apa demi menjaga aplikasi berbayar.

Tapi, untuk memanfaatkan budg tersebut masih memerlukan upaya dan pengetahuan terkait teknis agar pengguna dapat link APK premium untuk diunduh gratis.

Baca Juga: Segera Hadir di Indonesia, Huawei Watch Fit 2 dan GT3 Pro

Jika berhasil seperti Roussel, maka bagi anda pengguna Huawei bisa langsung unduh dan gunakan aplikasi berbayar dengan memanfaatkan Bug tersebut.

Berdasarkan laporan Rousel bahwa masalah ini bukan semata-mata berasal dari pengembang aplikasi yang tidak mengaktifkan verifikasi lisensi ke aplikasinya.

Tapi Roussel menjelaskan telah melaporkan masalah ini langsung ke pihak Huawei, untuk mencegah permasalahan yang semakin luas.                                                                                                                                                                                                       Untungnya bisa langsung diperbaiki langsung oleh Huawei,

Baca Juga: Hands On: Huawei Freebuds SE, TWS Murah yang Kaya Fitur!        

Karena jika dibiarkan bug itu tak hanya berakibat pada kerugian pengembang, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membajak aplikasi.

Bisa berdampak pada tingkat keamanan, karena hacker bisa menggunakan API untuk mengunduh sejumlah besar aplikasi berbayar, bahkan tanpa perlu melalui AppGallery.

Sedikit Highlight tentang AppGallery, aplikasi tersebut merupakan bagian rangkaian Layanan  Huawei. Sejak Larangan AS untuk memberikan akses ke Google Play Store.

permasalahan bug di AppGallery Huawei dapat dimanfaatkan untuk mengunduh aplikasi Android berbayar secara gratis.

Masalah ini sempat tidak terselesaikan beberapa minggu setelah pengembang Dylan Roussel melporkan hal itu ke pihak Huawei.

Baca Juga: TWS Baru Huawei Freebuds SE, Beri Jaminan Kualitas Hingga Layanan Service