Android 13 Bakal Didukung Dengan Peringatan Gempa

Android 13 Bakal Didukung Dengan Peringatan Gempa
Android 13 Bakal Didukung Dengan Peringatan Gempa

Selular.ID – Pada konferensi I/0 2022, yang digelar baru-baru ini, Google meluncurkan sistem operasi barunya, Android 13. Android 13 baru bakal hadir dengan beberapa fitur. Fitur terbaru di Android 13 adalah peringatan gempa.

Fitur peringatan gempa bukanlah hal baru bagi banyak orang China. Namun, ini adalah tambahan baru untuk daftar fitur yang hadir dengan OS Android 13 asli.

Itu karena beberapa pabrikan China, seperti Xiaomi dan Huawei, sudah memperkenalkan fitur tersebut beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Oppo Find X5 Pro Jadi Ponsel Pertama yang Kebagian Android 13 Beta 1

Pendeteksian gempa ini akan menggunakan akselerometer yang ada di smartphone saat ini yang akan mendeteksi perubahan yang relevan bisa menentukan terjadinya gempa bumi.

Nantinya saat smartphone mendeteksi adanya gempa bumi, maka akan dikirimkan sinyal ke layanan pendeteksi gempa bumi Google dan melaporkan kemungkinan lokasinya.

Kemudian, server akan lakukan kombinasi dengan berbagai informasi sehingga diketahui apakah gempa bumi benar-benar terjadi.

Lalu sistem akan menentukan di mana lokasi gempa bumi dan seberapa besar skalanya. Terakhir, sistem akan mengirimkan peringatan atau menghubungi kontak darurat.

Smartphone yang sudah kompatibel terdiri berbagai perangkat buatan Google yaitu di Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a 5G, Pixel 5, Pixel 5a, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Sayangnya, tidak ada dukungan untuk seri Pixel 3 dan 3a, Hal itu adalah wajar karena mereka telah melewati tiga tahun pembaruan.Pasti tidak mungkin untuk mendapatkan.

Dan di luar smarptphone besutan Google, Oppo baru-baru ini mengumumkan Oppo mengumumkan bahwa smartphone flagship Oppo Find X5 Pro 5G jadi ponsel pertama yang kebagian Android 13 Beta 1 terbaru.

Baca Juga: Android 13 Optimal Untuk Tablet Dalam Kemudahan Multitasking

Disebutkan Oppo juga bakal menghadirkan developer preview untuk ColorOS berbasis Android 13 Beta 1, untuk mengulas berbagai fitur dan perubahan baru.

Disebutkan Oppo, brand ini telah lama bermitra dan terus bekerja bersama Google dalam memberikan pengalaman operating system melalui ColorOS yang dikembangkan dari Google Android.