Gempa Magnitudo 6.7 Berada di Banten, Ini 5 Aplikasi Pendeteksi Agar Selalu Waspada

Gempa

Selular.ID – Gempa dengan kekuatan 6.7 Magnitudo, pusat gempa itu berada di barat daya Sumur, Banten. Hal yang memang harus diwaspadai, karena Indonesia adalah jalur cincin api pasifik maka dari itu pentingnya aplikasi pendeteksi gempa.

Makna dari Jalur cincin api pasifik yaitu Indonesia berada dalam serangkaian gunung berapi di Samudera Pasifik, karena setidaknya terdapat 450 rangkaian gunung berapi aktif dan juga tidak aktif. Maka dari itu 90% kejadian gempa bisa terjadi yang berada terjadi di jalur ini.

Sebagai penduduk yang berada di Jalur cincin api pasifik, mengharuskan kita untuk tetap waspada terhadap kejadian gempa seperti pada Jum’at 14/01/22, saat ini Tim selular akan membagikan kepada Anda 5 rekomendasi aplikasi pendeteksi gempa.

Baca Juga: Ada Aplikasi Streaming Palsu Tipu 2 Juta Pengguna iOS

Berikut daftar 5 Aplikasi yang direkomendasikan tim selular mendeteksi gempa untuk selalu waspada:

  1. Info BMKG

 

Aplikasi ini dikelola oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Indonesia.yang menampilkan informasi terkini dengan magnitudo ≥ 5.0. nantinya Info BMKG akan memberikan titik gempa yang terjadi secara real-time.

Nantinya dengan Info BMKG bisa mengetahui gempa bumi, baik yang dirasakan di wilayah Anda atau masih dalam lingkup wilayah Indonesia,ada juga fitur terkait perkiraan cuaca dengan rincian seperti kualitas udara, cuaca maritim, cuaca bandara, cuaca kebakaran hutan dan lahan, cuaca jalur mudik, cuaca event, dan peringatan dini cuaca.

  1. Earthquake Alert!

 

Aplikasi ini dikembangkan oleh pria bernama Josh Clem, yang tinggal di Amerika Serikat, ia mengembangkan aplikasi ini untuk memberi informasi gempa terkini dengan magnitudo magnitudo 4.5+ dari seluruh dunia.

Aplikasi ini selain memberikan informasi gempa yang terjadi di Indonesia, juga bisa mengetahui info gempa terkini secara global dengan tampilan antar muka peta lokasi gempa, besaran gempa, dan jarak lokasimu dari pusat gempa.

Baca Juga: Xiaomi Hadirkan Fitur Pemantau Gempa, Manfaatkan Sensor dan AI   

Halaman Selanjutnya
3. Magma Indonesia