Awal 2022 Smartfren Siap Ajukan ULO 5G, Begini Rencananya…

Smartfren 5G

Selular.ID – Smartfren bersiap meluncurkan 5G di 2022, Sukaca Purwokardjono Deputy CEO Mobility Smartfren menyebut jika layanan jaringan super cepat itu berada di tahap persiapan untuk Uji Laik Operasi (ULO) 5G di Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kominfo).

    “Smartfren sedang dalam persiapan ULO 5G, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kami melakukan uji tersebut,” ujar Sukaca, dalam acara bincang eksekutif bersama Selular, Jumat (14/1).

Lebih lanjut setelah proses ULO 5G sukses dan menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO), maka Smartfren siap meluncukan layanan 5G komersil di Tanah Air secara resmi.

Baca juga: Pengembangan Use Case 5G Perlu Kolaborasi, Kominfo: Operator Jangan Garap Sendirian

“Setelah itu, mungkin di akhir kuarta II atau awal kuartal III 2022 kami akan luncurkan layanan 5G kami di beberapa titik,” lanjutnya.

Sekedar informasi, Smartfren bisa dibilang satu-satunya operator seluler yang belum memilki layanan 5G. Yang dimana operator lain, seperti Telkomsel, XL Axiata, lalu Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) yang kini melebur mejadi Indosat Ooreodo Hutchison (IOH) telah memiliki layanan komersil 5G, dan resmi diluncurkan pada tahun lalu.

Kendati demikian secara rencana Smartfren pun tercatat telah melontarkan niatanya untuk mengelar layanan 5G, bahkan sebelumnya operator yang identik berwarna merah itu telah memamerkan uji coba 5G dengan menggunakan frekuensi potensial di 26 GHz (mmWave).

Baca juga: Potensial Untuk 5G, Pemerintah Kaji Lelang Frekuensi 700MHz

Sukaca pun kembali menegaskan jika Smartfren untuk menggelar 5G tidak ingin terburu-buru, dirinya menyebut  hingga di kuartal I 2022 ekosistem 5G pun masih kunjung tak memadai.

“Karena gini, saya melihat ekosistem 5G belum kuat, harga handset yang mendukung 5G pun masih tinggi dan belum banyak yang menggunakan. Sembari kita mempersiapkan ULO 5G. Diperkirakan di kuartal II atau III  2022 ekosistem semakin jadi. Dan tak dipungkiri para chipset provider pun untuk menghadirkan perangkat smartphone, komputer, Mifi 5G murah juga dihadang persoalan tersendiri,” tandasnya.