Cara mengganti App Drawer di Oppo A95 dan ColorOS 11

Oppo A95

Selular.ID – App drawer adalah bagian menu atau halaman pada smartphone atau tablet Android yang juga ada di sistem operasi ColourOS 11 seperti yang ada di Oppo A95 yang menampilkan semua aplikasi yang ter-instal pada perangkat yang digunakan.

Tim Selular berksempatan untuk membagikan tips bagaimana cara mengganti App Drawer yang tersedia di Oppo A95 dan Smartphone Oppo yang sudah menggunakan ColorOS 11, Istilah ini memang jarang disebut oleh para pengguna, sehingga banyak pengguna awam belum mengetahui apa yang dimaksud oleh istilah ini.

Baca Juga: OPPO-OnePlus Merger, Begini Kabar Terbarunya

Bahkan tidak sedikit pula pengguna yang sudah lama menggunakan Android yang ternyata juga belum mengetahui atau belum pernah mendengarnya. Maka dari itu tim Selular akan memberikan tips secara singkat dan jelas tentang  bagaimana cara menganti App Drawer sebagai berikut:

  • Pertama Anda masuk ke Settings
  • Setelah berada dihalaman settings anda pilih “Home Screen & Lock Screen” dengan ikon berwarna kuning
  • Setelah itu, ada dibagian paling atas opsi “Homescreen Mode” lalu pilih
  • Nah nantinya ditawarkan lagi tiga opsi tapi anda, langsung pilih “Drawer Mode”
  • Setalah itu “apply”

Lalu Apa perubahan yang diadapatkan? Nantinya jika Anda sudah mengubah tampilan ke Drawer Mode, fitur ini memiliki kelebihan untuk menampilkan UI/Ikon dari aplikasi yang sudah ter-instal dengan menggunakan gestur Swipe dari bawah ke atas.

Nantinya pada App Drawer akan menampilkan aplikasi yang sering kita gunakan yang disematkan di paling atas, selanjutnya Menyusun aplikasi yang tersedia di smartphone sesuai dengan Abjad dari a-z, ada juga kolom pencarian untuk memudahkan pengguna lebih cepat mengakses aplikasi.

Baca Juga: 5 Tips Detoks Digital, Cocok Bagi yang Ingin Istirahat dari Sosial Media

Selain App Drawer pada “Homescreen Mode” juga tersedia Standard mode yang menjadi mode default  yang ditawarkan di Oppo A95, dan ada juga simple mode yang lebih ditujukan untuk pengguna yang masih awam dalam menggunakan smartphone. Seperti anak kecil maupun orangtua yang baru memakai smartphone Android.