spot_img
BerandaTips5 Tips Detoks Digital, Cocok Bagi yang Ingin Istirahat dari Sosial Media

5 Tips Detoks Digital, Cocok Bagi yang Ingin Istirahat dari Sosial Media

-

Jakarta, Selular.ID – Ketika media sosial dirasa sudah sangat menyita waktu, atau bahakan menganggu hidup Anda. Sepertinya sudah waktunya untuk beristirahat sejenak dari hiruk-pikuk aktivitas di ruang digital.

Cara yang bisa Anda lakukan ialah melalui detoks digital. Hal ini dinilai sangat menyehatkan lho,  baik itu untuk fisik maupun psikis Anda. bagi yang ingin mencobanya, mari ikuti beberapa hal berikut ini guna melakukan detoks digital.

Minimalisir Paparan Konten Feed Anda

Berhenti mengikuti (unfollow) siapapun dan apapun yang tidak berkontribusi dalam hidup Anda. Jika dalam pertemanan atau sebuah konten, Anda merasa tidak mendapatkan manfaat maka rasanya tidak perlu mengaksesnya di sosial media.

Jika Anda enggan untuk berhenti mengikuti cobalah untuk menerapkan fitur mute. Teman-teman Anda tidak akan mengetahui bahwa Anda telah membisukan mereka.

Sentralisasi komunikasi

Jejaring sosial tak dipungkiri menjadi tempat untuk tetap berhubungan dengan teman, kerabat, dan kolega. Tetapi jika Anda berkomunikasi dengan orang-orang tersebut di hampir setengah lusin platform, Anda mungkin membuang banyak waktu hanya untuk berkomunikasi secara digital.

Coba terapkan pola komunikasi sentral dengan kolega Anda. Beritahu rekan-rekan Anda untuk bisa menghubungi dalam satu atau dua platform, artinya dipusatkan. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir akses pada platform lain, dan tidak kehilangan komunikasi penting di dalamnya.

Hapus notifikasi sosial media

Tidak ada salahnya untuk hapus notifikasi sosial media pada ponsel Anda, karena tak dipungkiri dari satu pemberitahuan sosial media, bisa mendorong Anda mengakses sosial media dalam waktu yang panjang.

Atau cara lain bisa kumpulkan platform sosial media yang Anda miliki dalam satu folder, lalu letakan di halaman ketiga atau keempat pada ponsel, hal ini bisa dicoba agar tidak tergoda untuk mengaksesnya.

Konfigurasi durasi layar

Mungkin Anda jarang menyadari soal waktu bersosial media, atau akses aplikasi perpesanan. ketika sekali mengunakanya waktu tanpa terasa terbuang percuma.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, kabar baiknya kini banyak smartphone yang sudah  memiliki pengaturan untuk mengontrol kebiasaan digital pengguna, misal melalui pengaturan durasi layar (secreen time) baik itu yang terdapat di iOS atau Android.

Melalui pemanfaatan solusi tersebut, kini memungkinkan Anda membuka jejaring sosial hanya pada waktu tertentu atau untuk waktu terbatas.

Hapus aplikasi

Cara terakhir yang juga konvensional ialah dengan menghapus aplikasi sosial media. Cara ini tergolong ampuh karena dapat meminimalisir paparan jejaring sosial tanpa harus kehilangan pos, pesan, atau foto-foto dalam platfrom tersebut. Lalu cara ini juga yang tergolong sangat simpel karena tanpa melakukan pengaturan apapun.

Artikel Terbaru