spot_img
BerandaNewsSocial MediaRedam Akses Sosial Media Berlebihan, Instagram Uji Fitur Pengingat Istirahat

Redam Akses Sosial Media Berlebihan, Instagram Uji Fitur Pengingat Istirahat

-

Jakarta, Selular.ID – Instagram baru saja mengumumkan bakal menguji fitur baru yang dapat menurunkan perilaku pengguna melalui dalam bersosial media. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter resmi Adam Mosseri selaku CEO Instagram menyebut fitur itu memungkinkan pengguna menerima pengingat istirahat

“Apa yang kami lakukan di sini, Instagram selalu mencoba membuat aplikasi sedikit lebih baik untuk semua orang yang menggunakannya. Dan salah satu hal utama yang kami lakukan adalah menguji ide-ide baru dengan sebagian kecil orang untuk melihat cara kerja fitur-fitur baru tersebut,” kata Mosseri.

Bukan hal yang aneh lagi melihat sebagian orang di tempat umum atau bahkan di rumah menghabiskan waktunya di depan layar smartphone hanya untuk berselancar di media sosial termasuk Instagram.

Bahkan berdasarkan studi di Inggris pada 2017 silam dengan melibatkan tak kurang 1.500 anak muda di  rentang usia 14-24 tahun, mengklaim Instagam sebagai platform sosial media terburuk untuk kesehatan mental anak muda.

Dan langkah pembaharuan tersebut, juga mengisyarakatkan bahwa Instagram ingin mengubah diri menjadi lebih baik, khususnya kepada para konsumenya kedepan.

Secara teknis, soal solusi yang dihadirkan ialah seperti memberikan pengingat istirahat kepada para penggunanya, melalui pengaturan waktu aktif bermain Instagram guna meredam ketergantungan anak muda terhadap sosial media.

Mosseri pun menceritakan pengguna dapat meminta Instagram untuk memberi pengingat istirahat setelah 10 menit, 20 menit, atau 30 menit untuk membuka Instagram. Pengguna bebas memilih waktu yang diinginkan.

Nantinya sebagai pengingat sebuah pesan akan muncul di layar ponsel dan mengatakan, ‘Waktunya istirahat?’

Fitur ini tidak akan memblokir akses ke Instagram untuk jangka waktu tertentu. Jadi, pengguna tetap bisa mengabaikan pengingat dengan mengetuk ‘selesai’ dan kembali ke aplikasi.

“Pada akhirnya, Anda tahu apa yang terbaik dalam menggunakan aplikasi. Dan kami ingin memastikan Instagram menjadi apa yang cocok untuk Anda,” tandas Mosseri.

Tonton juga video di bawah ini:

Artikel Terbaru