Mesh Router Nirkabel Premium Cocok untuk UKM: Review Router Synology RT2600ac dan MR2200ac

Jakarta, Selular.ID – Transformasi digital yang sudah semakin maju membuat banyak perusahaan bergantung pada teknologi digital. Dalam hal ini yang paling utama adalah ketersediaan akses internet yang memadai beserta perangkatnya.

Selain harus berlangganan paket internet yang stabil, memiliki perangkat router wifi yang canggih dan memadai sudah menjadi kewajiban penting apalagi setelah pandemi semakin tinggi tingkat ransomware, malware attack, ataupun kebutuhan VPN.

Nah, salah satu produsen router wifi yang menyediakan dukungan Mesh Network adalah Synology. Perusahaan asal Taiwan ini menyediakan solusi mesh networking yang sangat berguna untuk usaha kecil menengah (UKM), yaitu Synology RT2600ac dan MR2200ac.

Synology Router

Bagi pekerja yang berkecimpung di dunia IT, nama Synology sudah dikenal luas berkat rangkaian produk NAS (network attached storage). Namun perusahaan ini juga mempunyai lini produk lain seperti Surveillance dan juga tentu saja, Router. Tahun 2021 ini, Synology mulai membawa produk Mesh Router-nya ke Indonesia. Dimulai dari Synology RT2600ac dan MR2200ac.

Pengaturan Mudah

Synology RT2600ac dan MR2200ac

Alasan utama mesh router Synology RT2600ac dan MR2200ac cocok digunakan oleh para pelaku UKM adalah karena keberadaan SRM. Singkatan dari Synology Router Manager adalah sistem operasi (OS) yang disuntikkan di semua produk router keluaran Synology.

Pengaturan yang mudah berkat SRM juga sangat membantu untuk mengkonfigurasikan sistem untuk membangun mesh router dengan kombinasi unik RT2600ac + MR2200ac. Selain itu, konfigurasi fitur tambahan canggih lainnya bisa langsung dilakukan dengan mudah lewat portal SRM.

Tidak butuh teknisi khusus: ideal bagi UKM

Interface Synology RT2600ac dan MR2200ac

Mengapa cocok dengan UKM? Karena user interface SRM ini sangat mirip dengan OS yang ada di laptop atau desktop. Jadi pengguna tidak akan kebingungan saat pertama kali mengakses router dari perangkat laptop. Gampang.

Selain antarmuka yang familiar, SRM juga kaya fitur. Ini juga alasan kuat bagi para pengusaha rintisan yang ingin mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi.

Bahkan, berkat SRM, router Synology juga cocok untuk pengguna kantoran, karena SRM bisa ditambahkan add-on dengan berbagai macam fitur lain yang tersedia di ‘toko’nya.

Bagi UMKM yang membutuhkan infrastruktur jaringan internet yang kuat namun tidak ada tim IT yang tersertifikasi khusus, Mesh Router dari Synology ini bisa sangat membantu karena instalasi dan konfigurasi yang sangat mudah bahkan untuk pengguna baru.

Bangun mesh router dengan kombinasi unik RT2600ac + MR2200ac

Synology RT2600ac dan MR2200ac

Untuk router biasa, konsumen bisa membeli satu unit RT2600ac saja. Namun, untuk yang ingin membangun mesh network, bisa langsung membeli paket mesh router di mana konsumen bisa mendapat dua router sekaligus.

Keduanya bisa diajak bekerjasama untuk membentuk Mesh Network. RT2600ac bisa menjadi router utama sedangkan MR2200ac bisa berperan sebagai satelit. (Dalam skenario berbeda, MR2200ac juga bisa menjadi router utama, sementara RT2600ac tidak bisa menjadi satelit).

Ketika kedua router digunakan untuk membentuk Mesh Network, pengguna bisa menggunakan sampai enam router satelit MR2200ac secara nirkabel, atau sampai 12 router satelit jika menggunakan kabel.

Karena RT2600ac mempunyai port dual-WAN, jadi pengguna bisa memakai dua internet berbeda sekaligus. Satu untuk utama, satu lagi untuk backup kalau-kalau ada gangguan jaringan dari penyedia internet.

Jika digunakan secara tunggal, RT2600ac bisa menyediakan sambungan hingga 100 perangkat sementara MR2200ac sampai 90 sambungan perangkat.

Fitur Keamanan yang Canggih

Dalam SRM terdapat banyak fitur yang bisa diinstal sesuai kebutuhannya masing-masing. Di jaman banyaknya malware attack, router ini memiliki fitur Safe Access yang bisa digunakan untuk memfilter web seperti konten dewasa atau web yang mengandung kekerasan. Selain itu, router ini juga dilengkapi dengan Threat Prevention yaitu teknologi pencegahan intrusi tingkat bisnis, yang bisa membantu memeriksa traffic masuk dan keluar di jaringan serta memblokir masuknya paket berbahaya secara otomatis.

Safe Access melindungi jaringan dan memungkinkan pengguna mengelola perangkat yang terhubung ke Router Synology. Dengan Safe Access, pengguna dapat mengatur berbagai tingkat filter web dan menerapkan kuota waktu harian pada pengguna yang berbeda. Jaringan akan mendapat manfaat dari fitur-fitur di antaranya:

  • Jadwal Internet: Mengatur kapan mengizinkan atau memblokir akses Internet.
  • Kuota Waktu: Konfigurasikan alokasi waktu harian untuk akses Internet.
  • Filter Web: Menetapkan berbagai tingkat pembatasan akses dan menyesuaikan filter web sendiri untuk memblokir situs web yang tidak pantas.

Lisensi VPN gratis untuk membantu UKM waktu pandemi

Setelah pandemi yang terjadi kurang lebih hampir dua tahun ini, banyak bisnis yang masih WFH. Awal mulai pandemi, untuk membantu para bisnis yang terkena imbas karena harus WFH, Synology menyediakan lisensi VPN mereka yaitu VPN Plus secara gratis hingga bulan September kemarin. Namun pandemi yang masih berlanjut, dan trend WFH atau bekerja secara remote yang sepertinya masih akan berlangsung lebih lama, Synology-pun memberikan lisensi VPN secara gratis secara permanen untuk para pengguna router. Dengan bantuan VPN Plus ini, akses jaringan bisa lebih mudah tanpa perlu klien VPN. Selain itu prokol VPN yang sederhana tapi stabil membantu pengaturan yang lebih cepat dibandingkan protokol VPN tradisional, sehingga pelaku bisnis bisa mengkoneksikan secara aman ke jaringan intranet.

Monitor jaringan dari mana saja dengan mudah

Tentu saja, RT2600ac dapat dikelola menggunakan konsol web SRM seperti windows atau dengan aplikasi seluler DS router (iOS dan Android). Aplikasi mobile menawarkan fitur Safe Access dan memeriksa traffic. Tetapi konsol web lebih powerful karena berisi opsi yang lebih kaya.

Selain bisa memblokir akses ke situs jejaring sosial dan yang berisi konten dewasa atau malware dan banyak lagi, pengguna juga dapat membuat jadwal akses Internet untuk setiap perangkat. Pengaturan traffic memungkinkan pengguna menetapkan prioritas bandwidth untuk perangkat tertentu, memantau traffic secara langsung, dan melihat laporan penggunaan.

Spesifikasi RT2600ac

Router RT2600ac memberikan throughput 2.4GHz dan 5GHz yang solid dan menambahkan dukungan untuk streaming data MU-MIMO dan konektivitas dual-WAN.

Dimensi router ini berukuran rata-rata, yakni 77x280x169 mm. RT2600ac memiliki empat antena yang dapat dilepas dan disesuaikan, empat port LAN gigabit, satu port USB 3.0, satu port USB 2.0, port WAN khusus, dan slot kartu SD.

Port LAN nomor satu dapat digunakan sebagai port WAN sekunder untuk mendukung WAN 2Gbps serta memberikan bantuan jika koneksi WAN utama terputus. Selain itu, konsol Synology Router Manager (SRM) memungkinkan pengguna untuk memuat keseimbangan lalu lintas di kedua koneksi WAN. Sisi kiri router memiliki tombol WPS dan tombol Wi-Fi, dan ada tombol Reset dan Power di belakang.

Di dalam kerangka, terdapat CPU dual-core 1.7GHz, RAM 512MB, dan sirkuit 802.11ac yang mendukung Wi-Fi dual-band AC2600 (800Gbps pada 2.4GHz, 1.73Gbps pada 5GHz) dan teknologi Wave 2 terbaru termasuk beamforming, band steering, dan streaming data MU-MIMO.

Bagian depan router adalah area bagi serangkaian indikator LED untuk daya, Internet (WAN), keempat port LAN, port USB, dan aktivitas WPS.

Sementara MR2200ac dirancang untuk menjaga semua perangkat tetap terhubung. Dipadu router RT2600ac dan SRM, mesh router MR2200ac bisa ditambahkan ke jaringan Ketika pengguna siap untuk memperluas jangkauan lebih jauh.

Kesimpulan

Pelaku UKM yang butuh jaringan kuat dan aman, tapi yang mudah digunakan karena UKM biasanya tidak ada teknisi IT khusus yang certified yang bisa mengelola perangkat networking yang susah seperti Mikrotik dsb.

Synology Router RT2600ac menawarkan berbagai macam alat manajemen yang memungkinkan pengguna memfilter konten situs web, menjadwalkan prioritas bandwidth, memantau penggunaan, dan membantu menjaga bisnis pengguna aman dari ancaman cyber berbahaya. Terlebih, membangun mesh network bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menggabungkan RT2600ac dengan MR2200ac.

Tersedia dalam satu paket, paket mesh router Synology RT2600ac dan MR2200ac sudah dijajakan di nusantara dengan harga Rp6.699.000.