BerandaSelular CongressDana Raih Best Mobile Payment di Selular Award 2021

Dana Raih Best Mobile Payment di Selular Award 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Di ajang Selular Award 2021, Dana berhasil menyandang predikat Best Mobile Payment.

Sebagai Mobile Payment, Dana dinilai memiliki point-point sebagai pembayaran berbasis aplikasi yang memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital.

Berdasarkan penilaian Selular Award yang dilakukan oleh tim panel redaksi serta survei online di website SELULAR.ID, yang dilakukan mulai 17 Mei sampai 10 Juni, dengan melibatkan 878 responden yang mewakili seluruh wilayah Nusantara, Dana mampu mengalahkan nominasi lainnya seperti, Ovo, Linkaja, Shopee Pay dan Gopay.

Dana merupakan layanan mobile payment berbasis aplikasi ponsel cerdas dari PT Espay Debit Indonesia Koe. Dana, atau Dompet Digital Indonesia, merupakan layanan pembayaran digital berbasis open-platform.

Dana dapat dipergunakan untuk melakukan pembayaran e-commerce, pembelian tiket bioskop, dan lain sebagainya. Untuk mengisi saldonya, para pengguna aplikasi ini dapat melakukan top-up melalui bank-bank yang bermitra atau dari outlet mini market yang banyak tersebar. Sehingga hal ini akan memudahkan para penggunanya untuk mengisi kembali saldo mereka.

Dana memiliki kelebihan utama dari segi adopsi penggunaannya. Berbeda dengan layanan mobile payment lainnya, Dana tidak terpaku dengan satu platform tertentu.

Tidak hanya itu, di tengah persaingan yang cukup kompetitif Dana dinilai pertumbuhan yang posiitif. Dana mencatat, rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan dengan tahun lalu (Mei 2020), pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164%.

Pertumbuhan rata-rata transaksi per hari dengan menggunakan dompet digital Dana didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi nontunai digital. Hal ini juga ikut menegaskan komitmen Dana yang terus memastikan dan meningkatkan pengalaman bertransaksi pengguna lewat pengembangan teknologi secara progresif.

Bagaimana dengan para nominasi lainnya di kategori Best Mobile Payment? sebagai nominasi Ovo, juga memiliki keunggulan. Ovo  termasuk produk yang telah mendapat pengakuan dari bank Indonesia yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran via online. Pada aplikasi Ovo  terdapat 2 kategori penyimpanan yakni Ovo Cash dan juga Ovo Points. Disamping itu kedua kategori tersebut juga memiliki manfaat dan kegunaan yang berbeda, Ovo Cash biasa digunakan sebagai alat pembayaran di sebuah merchant khusus atau rekanan yang telah bekerjasama dengan Ovo. Sementara Ovo Poin sebuah loyalty reward yang berbentuk point dan dihasilkan setelah pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan Ovo Cash di merchant khusus rekanan Ovo.

Nominasi berikutnya adalah Linkaja, yang merupakan aplikasi mobile payment hasil sinergi beberapa perusahaan, yaitu Himpunan Bank Milik Negara, termasuk Bank Mandiri, Telkomsel, dan Pertamina. Dengan aplikasi Linkaja, para penggunanya dapat melakukan pembayaran merchant dan e-commerce. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan QR Code di merchant offline, dan menggunakan PIN atau OTP untuk pembayaran e-commerce. Selain itu, Linkaja bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan, mengirim dan menerima saldo, dan beberapa transaksi lainnya.

Shopee Pay, adalah salah satu sistem pembayaran yang tersedia di antara pilihan pembayaran Shoope lainnya. Agar dapat menggunakannya pembeli atau pengguna harus melakukan pengisian saldo terlebih dahulu.Dapat dikatakan juga Shopeepay adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran online di Shopee, offline merchat Shopeepay, serta dapat juga dimanfaatkan untuk menampung pengembalian dana.

Dan nominasi terakhir adalah Gopay, yang merupakan layanan yang disediakan oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Dengan Gopay, para pengguna aplikasi Gojek bisa membayar semua produk atau jasa yang dipesan melalui aplikasi ini, seperti layanan transportasi, pesan makanan, membeli pulsa, dan lain sebagainya.

Artikel Terbaru