BerandaSelular CongressTelkom NeuCentrIX Raih Penghargaan Best Data Center di Ajang Selular Award 2021

Telkom NeuCentrIX Raih Penghargaan Best Data Center di Ajang Selular Award 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam gelaran Selular Award ke 18 yang dilangsungkan secara virtual pada 7 Juli 2021 Telkom menyabet penghargaan sebagai Best Data Center untuk solusi neuCentrIX.

Sebagai pemenang Telkom neuCentrIX memenuhi kireteria, serta banyak dipilih berdasarkan penilaian Selular Award dilakukan oleh tim panel redaksi serta survei online di website Selular.ID, yang dilakukan mulai 17 Mei sampai 10 Juni, dengan melibatkan 878 responden yang mewakili seluruh wilayah Nusantara.

Perlu Anda ketahui, NeuCentrIX merupakan inisiatif Telkom Group dalam melayani market wholesale industri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanan data center dengan coverage terluas dan berdaya saing global.

Saat ini, data center yang dimiliki oleh Telkom tersebar di 13 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Dengan coverage jaringan luas neuCentrIX tidak diragukan mampu memenuhi kebutuhan platform digital dan connectivity yang mendukung perkembangan bisnis ke depan. Selain itu, neuCentrIX juga bersifat carrier neutral data center, sehingga memungkinkan interkoneksi antara beberapa operator telekomunikasi, yang memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mendesain jaringannya.

Tentu yang dihadirkan Telkom ini menjadi cukup krusial karena berdasarkan laporan Temasek memproyeksikan ekonomi digital Indonesia bakal naik lebih dari tiga kali lipat dari US$40 miliar menjadi US$133 miliar pada 2025.

Hanya saja potensi ekonomi digital ini hanya dapat diwujudkan apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, salah satunya melalui pembangunan koneksi internet di seluruh Indonesia.

Kemudian sedangkan berdasarkan roadmap pembangunan ekonomi digital melalui perluasan pembanguan koneksi internet membuka peluang bagi provider dalam meningkatkan skalabilitas bisnis. Selain koneksi internet, data center juga merupakan salah satu enabler yang memegang peranan penting sebagai key business driver bagi para provider lokal dan global.

Sedangkan menurut survei yang dilakukan IDC pada 2020 terhadap 100 penyedia layanan internet (ISP) yang tersebar di 20 kota besar di Indonesia, setidaknya ada 4 hal yang menjadi perhatian dalam memilih data center, yaitu harga, produk, layanan dan solusi yang ditawarkan, value added services, dan wide coverage.

Sehingga tidak mengherankan neuCentrIX dengan brand image dan track record yang dimiliki Telkom Indonesia dalam bisnis digital dapat mengukuhkan posisi data center ini sebagai pusat pilihan terbaik bagi pelanggan. Terlebih Telkom memang memiliki misi untuk menjadikan Indonesia lebih baik lagi melalui digitalisasi.

Artikel Terbaru