Beranda Smartphone Ini Dia Manfaat Potensial 5G Bagi Pengguna!  

Ini Dia Manfaat Potensial 5G Bagi Pengguna!  

-

Jakarta, Selular.ID – Implementasi 5G akan mendorong penerapan teknologi menjadi lebih canggih hingga mengubah rupa dunia lebih maju. Dan kini isitilah Artificial intelligence (AI), robot, virtual reality (VR), dan augmented reality (AR) pun sudah tidak asing kita dengar saat ini, yang masing-masing penerapanya sepertinya sudah pernah kita rasakan sebelumnya, walapun memang belum terasa maksimal.

Kemudian dampaknya pun  tidak diragukan lagi bagi kehidupan manusia, karena berbagai teknologi dapat melaju lebih cepat melalui jaringan generasi ke-5 ini. Sementara kehidupan kita bisa dipastikan akan lebih nyaman, dalam berbagai hal berkat sokongan teknologi tersebut.

Nah, penasaran seperti apa dampak 5G bagi kehidupan kita? Berikut beberapa kenikmatan yang diterima konsumen setelah penerapan jaringan super cepat 5G  terjadi:

Latensi Rendah

Litensi jaringan internet 5G sangatlah rendah dibandingkan teknologi sebelumnya. Latensi sendiri merujuk pada jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran data dari pengirim ke penerima. Latensi pada internet 5G bisa mencapai 1 ms, sementara pada 4G latensinya bisa mencapai 30 ms. Ada kelipatan 30 kali lipat dari dua teknologi ini.

Baca juga: Konektivitas 5G Oppo Reno5 Dijamin ‘Aman’ Di Luar Negeri

Dengan latensi yang sangat rendah itu pengguna bisa memainkan game dari cloud dengan mulus tanpa jeda. Latensi yang sangat rendah juga memungkinkan beroperasinya kendaraan autonom atau tanpa awak. Semua ini hanya bisa diterapkan dengan teknologi 5G.

Streaming Anti-Lag 

Karakteristik 5G yang bersifat enhance mobile broadband bisa menghasilkan kemampuan throughput uplink dan downlink berkecepatan hingga Gigabit per second (Gbps). Sementara di 4G, kecepatan throughput-nya masih terbatas pada Mbps. Dengan kecepatan tinggi ini, konsumen bisa streaming video berkualitas 4K atau 8K dengan sangat mulus dan tidak ada lag.

Mengunduh file super cepat

Di era pandemi yang mendorong kebiasaan serta adopsi teknologi masyarakat ke level yang lebih tinggi ini, memang tak dipungkiri sangat mengidamkan penerapan dari jaringan 5G. Pengguna internet Indonesia bisa puas karena kecepatan dari jaringan internet super cepat ini bisa mencapai Gbps dan tidak lagi Mbps.

Baca juga: Oppo Reno5 5G Berikan Solusi Kebutuhan Akses 5G

Sehingga kegiatan download, upload, kirim foto, dengan adanya 5G  ini bisa berjalan sangat cepat. Salah satu manfaat juga ialah memungkinkan kita untuk memiliki akses video beresolusi tinggi dengan latensi yang rendah.

Terhubung ke banyak perangkat IoT

spesifikasi oppo reno5 5G

Kemudian teknologi 5G memungkinkan smartphone untuk terhubung ke banyak perangkat sekaligus. Di dalam beberapa tahun ke depan, jumlah perangkat IoT diklaim bisa mencapai lebih dari 5 miliar perangkat yang terhubung ke ratusan juta smartphone.

5G juga akan membawa IoT ke dalam perangkat rumah dan bisnis seperti keamanan, pencahayaan, dan audio yang lebih baik dan biaya operasinya lebih murah. Perusahaan yang memanfaatkan kemajuan jaringan ini pun bisa dipastikan dapat memacu perusahaanya berkembang lebih cepat.

Baca juga: Reno5 5G, Smartphone 5G Menawarkan Harga dan Spesifikasi Terbaik

Nah, ngomong-ngomong soal perangkat yang telah mendukung jaringan 5G, salah satu yang sudah siap ialah smartphone. Dan Oppo melalui produknya Reno5 5G  bisa sangat Anda andalkan untuk merasakan nikmatnya jaringan 5G tersebut.

Selain mendukung konetivitas super cepat, Reno5 5G ini juga dibekali spesifikasi yang memumpuni, seperti didukung chipset Qualcomm Snapdragon 765G yang sudah mendukung konektivitas 5G serta memiliki performa yang powerful dan cepat tapi dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Dampaknya chipset andal itu juga mempengaruhi awetnya baterai yang dimiliki Reno5 5G, yang memiliki kapasitas 4300 mAh. Belum lagi dari dapur daya ini juga dilengkapi fitur 65W SuperVOOC yang mampu mengisi daya selama 5 menit untuk penggunaan hingga 4 jam dan isi daya selama 15 menit untuk mendapatkan baterai terisi 60%.

Beralih sisi layar, ponsel pintar yang dibandrol Rp6.999.000 ini memiliki kualitas layar Amoled dengan Refresh rate 90Hz, yang diklaim Oppo dapat memberikan kenyamanan visual bagi penggunanya. Warna yang dihadirkannya pun cukup menarik sekaligus elegan yaitu hadir dengan varian Galactic Silver dan Starry Black.

 

Artikel Terbaru