Beranda Tips 5 Alasan Beli Smartwatch daripada Smartband di Tahun 2021

5 Alasan Beli Smartwatch daripada Smartband di Tahun 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Dahulu jam tangan hanyalah alat sebagai pengingat waktu namun seiring dengan kemajuan zaman jam tangan memiliki kegunaan lainnya. Bukan hanya sebagai fashion semata namun juga sebagai alat pelacak kebugaran.

Gelang pelacak kebugaran atau smartband mulai banyak dijumpai di pasaran, begitu pula dengan smartwatch. Banyaknya opsi untuk dipilih saat ini, mungkin membuat Anda agak kewalahan. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor.

Bukan hanya fungsi kebugaran saja, fungsi lain juga harus ditelisik. Misalnya, apakah Anda menginginkan fitur tingkat lanjut atau hanya menginginkan aksesori modis yang menawarkan beberapa fitur kebugaran. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah smartwatch atau smartband yang cocok Anda beli.

1. Pelacakan kesehatan dan kebugaran tingkat lanjut

Kendati smartband kian canggih dalam beberapa tahun terakhir, mereka akan selalu menjadi yang kedua setelah smartwatch. Jam tangan pintar akan selalu menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang tertarik dengan perangkat yang menawarkan pelacak kesehatan dan kebugaran.

Salah satu fitur yang menjadi semakin umum pada jam tangan pintar adalah sensor elektrokardiogram (EKG). Satu perangkat yang akan ditemukan adalah TicWatch Pro 3. Fitur ini dapat mendeteksi detak jantung yang tidak teratur, yang dapat mengindikasikan pengguna memiliki kondisi kesehatan yang lebih serius seperti atrial fibrillation (AFib). Beberapa sensor dan fitur canggih hanya dapat ditemukan di jam tangan pintar.

Tidak jarang jam tangan pintar merilis beberapa fitur baru yang menarik. Salah satunya adalah The Fitbit Sense. Sensor aktivitas electrodermal (EDA) dirancang untuk memantau bagaimana tingkat kelistrikan kulit pengguna berubah sepanjang hari, yang juga membantu pengguna memahami bagaimana tubuh mereka merespons stres.

2. Konektivitas lengkap

Jika pelacakan adalah alasan utama untuk membeli jam tangan pintar, mungkin mengetahui bahwa banyaknya fasilitas untuk dinantikan. Sebagian besar fasilitas ini terutama ditemukan di jam tangan pintar. Saat ini, perangkat yang dapat dikenakan dengan konektivitas LTE menjadi semakin populer.

Salah satu contoh terbaru adalah Fossil Gen 5 LTE. Jika belum terbiasa, fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan fitur utama di jam tangan tanpa memerlukan koneksi Bluetooth ke ponsel. Pengguna juga dapat melakukan panggilan dan mengirim SMS dari pergelangan tangan saat bepergian. Tidak semua orang akan menganggap ini berguna, tetapi mereka yang menyukai teknologi terhubung ke perangkat smartphone akan bersenang-senang dengan ini. Beberapa jam tangan pintar LTE lainnya termasuk Samsung Galaxy Watch Active 2, Samsung Galaxy Watch 3, Apple Watch Series 6, dan Mobvoi TicWatch Pro 4G LTE.

Beberapa fasilitas bonus lain yang biasa ditemukan di jam tangan pintar termasuk notifikasi SmartPhone, penyimpanan musik onboard, pembayaran seluler, dan dukungan aplikasi. Sementara beberapa diantaranya juga dapat ditemukan di pelacak kebugaran tertentu, mereka tidak begitu lazim seperti di jam tangan pintar. Jika menginginkan perangkat dengan semua fasilitas ini, Anda akan dapat menemukan jam tangan pintar yang menawarkan daftar lengkap.

3. Lebih estetik

Beberapa orang bukan penggemar jam tangan, pintar atau tidak. Namun, mereka yang sudah menikmati tampilan dan nuansa jam tangan tidak hanya akan memiliki aksesori modis untuk melengkapi penampilan, tetapi juga akan melacak dan membuat pengguna tetap terhubung sepanjang hari. Meskipun hampir semua jam tangan pintar dapat dibuat agar terlihat gaya, beberapa memiliki pondasi yang lebih baik daripada yang lain. Beberapa pilihan gaya termasuk Garmin Lily, Skagen Falster 3, dan Fossil Gen 5E Smartwatch.

Meskipun memiliki penampilan minimalis untuk aksesori, mungkin tidak menjadi masalah bagi semua orang, tetapi mereka yang ingin memakai perangkat pelacak mereka setiap saat sambil mempertahankan penampilan mereka akan lebih baik dengan jam tangan pintar.

4. Bisa disesuaikan

Masalah aksesori akan lebih mudah untuk disesuaikan dengan jam tangan pintar agar sesuai dengan preferensi daripada memiliki pelacak kebugaran. Tentu, pengguna mungkin dapat menemukan pelacak yang memungkinkan untuk mengganti band, tetapi kemungkinan besar memiliki lebih sedikit pilihan. Belum lagi itu sedikit lebih sulit untuk mendandani pelacak daripada jam tangan pintar. Perangkat ini tidak benar-benar dirancang dengan mempertimbangkan gaya.

Memiliki lebih banyak opsi penyesuaian dengan jam tangan pintar. Sebagai permulaan, memiliki pilihan band yang lebih luas untuk dipilih. Pengguna dapat membeli banyak opsi sehingga memiliki tali jam tangan untuk setiap kesempatan. Jauh lebih mudah untuk beralih dari sporty ke mewah jika memiliki jam tangan pintar. Aspek lain yang dapat disesuaikan adalah tampilan.

Sebagian besar jam tangan pintar memungkinkan memilih tampilan jam. Beberapa tema sederhana dan penuh warna sementara yang lain jauh lebih rumit. Jika mau, Anda dapat memilih tampilan jam dengan skema warna yang sesuai dengan pakaian untuk hari itu. Anda juga dapat menentukan tema apa yang ditampilkan layar utama. Misalnya, Anda dapat mengaturnya sehingga tampilan utama menunjukkan jumlah langkah Anda, kalori yang terbakar, dan cuaca hari ini.

5. Kemudahan untuk membaca dan memahami suatu teks

Tidak peduli jam tangan pintar mana yang anda pilih untuk dibeli, itu akan menawarkan kemudahan yang lebih baik daripada pelacak. Ini sebagian besar disebabkan oleh tampilan yang lebih besar. Namun, banyak jam tangan pintar juga hadir dengan layar AMOLED yang tajam dan berwarna-warni, yang berarti memiliki resolusi yang lebih tinggi. Akan mudah untuk melihat sekilas ke pergelangan tangan untuk memeriksa waktu atau jumlah langkah pengguna untuk hari itu. Ini bisa lebih menantang dengan pelacak kecil dan layar resolusi rendah.

Kualitas tampilan tidak hanya akan lebih unggul, tetapi juga akan lebih banyak lagi yang dapat anda lihat. Pada pelacak kebugaran, anda mungkin mendapatkan beberapa kata di layar saat membaca pemberitahuan. Dalam kebanyakan kasus, kata-kata akan terpotong-potong dan tidak mudah dibaca karena hanya begitu banyak kata yang dapat dimuat dalam satu baris layar kecil. Untungnya, ini bukan masalah umum pada jam tangan pintar. Sebagian besar tampilan cukup besar untuk menampilkan setidaknya beberapa baris pertama pemberitahuan dengan cara yang teratur dan mudah dibaca. Seperti yang dapat anda bayangkan, ini membuat pengalaman menjadi jauh lebih menyenangkan.

Haruskah membeli smartwatch atau smartband?

Bagi banyak orang, smartwatch adalah pilihan yang lebih baik dari smartband. Dalam beberapa kasus, perbedaan harga tidak signifikan, jadi masuk akal untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak uang. Anda akan membelanjakan uang Anda dalam bentuk perangkat yang lebih bergaya, pelacakan yang lebih canggih, dan fitur bonus tambahan.

Jika anda mencari perangkat wearable lengkap yang membantu anda menavigasi kehidupan sehari-hari sambil melacak metrik utama yang berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran, smartwatch akan membantu semu hal itu dengan baik.

Artikel Terbaru