Beranda Apps Google Tutup Aplikasi Trusted Contacts Akhir Tahun 2020

Google Tutup Aplikasi Trusted Contacts Akhir Tahun 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Google akan hentikan aplikasi berbagi lokasi Trusted Contacts pada bulan Desember 2020 mendatang, dan kabarnya juga telah menarik peredaran aplikasi itu di Google Play Store.

Trusted Contacts merupakan safety apps yang memungkinkan Anda berbagi lokasi kepada daftar kontak yang dipercaya, misalkan keluarga, teman dekat atau rombongan teman dalam sebuah perjalanan.

Dikutip dari The Verge, Selasa (20/10) aplikasi Trusted Contacts memungkinkan pengguna dapat menambahkan orang ke kontak yang ingin dibagikan lokasi secara instan, jika mengalami keadaan darurat atau bahaya.

Dan jika tidak muncul, kontak ini dapat meminta pembaharuan status untuk mengetahui apakah orang tersebut baik-baik saja, kemudian Anda juga dapat menanggapi pada lokasi tersebut untuk meyakinkan keberadan orang tersebut.

Baca juga: Fitur Google ‘Hum To Search’ Bantu Anda Menemukan Lagu Dengan Bersiul

Lalu jika tidak merespon, aplikasi ini akan secara otomatis membagikan lokasi terakhir Anda untuk meminta bantuan, dan kontak yang dipercayai juga secara sigap bisa mengetahui lokasi tersebut.

Sebagai gantinya Google memang mendorong pengguna untuk menjajal aplikasi serupa yang berada di Google Maps. Memang  menggabungkan aplikasi dan fitur lain ke dalam Google Maps telah menjadi strategi Google selama beberapa waktu, tetapi fitur Maps tidak terasa cukup maksimal jika dibanding dengan Trusted Contacts, yang bisa aktif membagikan lokasi secara real time, kepada orang terdekat.

Memang Google Maps memiliki fitur berbagi lokasi secara real time sejak tahun 2017 dan tetapi pengguna dalam hal ini juga harus ikut serta dalam pelacakan, berbagi lokasi sendiri dengan orang lain sepanjang waktu, tidak bisa menyiarkannya secara langsung lokasi orang yang Anda sayangi.

Sekedar informasi aplikasi Trusted Contact dirilis pada tahun 2016. Google mengakhiri dukungan untuk aplikasi pada bulan Desember mendatang, dan kini pengguna masih dapat mengunduh kontak dari laman Trusted Contacts sampai aplikasi tersebut benar-benar ditutup.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait