Google Year in Search 2021, Catat Peningkatan Pencarian Informasi Kerja Signifikan!

Google Year in Search 2021, Catat Peningkatan Pencarian Informasi Kerja Signifikan!

googleJakarta, Selular.ID – Sesuai tradisi, Google merilis penelusuran trending sepanjang tahun melalui Google Year in Search 2021.

Laporan ini menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren di 2021 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia.

“Pada tahun 2021, lebih dari sebelumnya, kita melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan,” ujar Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan saat konferensi pers virtual, Rabu (8/12).

Catatan menariknya, hal yang paling dicari lainnya yang meningkat cukup signifikan adalah seputar dunia pekerjaan.

Hal ini memang tak dipungkiri era pandemi memukul mundur banyak perusahan, hingga harus merumahakan karyawan atau bahkan menutup usaha.

Jika mengacu pada data BPS, pandemi Covid-19 membuat angka pengangguran semakin meningkat. Peningkatan pengangguran terbesar terjadi pada kelompok anak muda yang berusia 20-29 tahun.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada penduduk usia 20-24 tahun sebesar 17,66% pada Februari 2021, meningkat 3,36% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,3%. Peningkatan TPT pada kelompok usia ini menjadi yang terbesar dibanding kelompok usia lain.

Peningkatan TPT terbesar kedua ada pada penduduk usia 25-29 tahun. Pada Februari 2021, TPT kelompok usia ini sebesar 9,27%, meningkat 2,26% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 7,01%. Dari sisi pendidikan, tingkat pengangguran tertinggi banyak dialami oleh lulusan SMA, SMK, dan pendidikan tinggi universitas. TPT dari lulusan SMA naik dari 6,69% tahun lalu menjadi 8,55% di tahun ini. Begitu pula dari lulusan SMK, naik dari 8,42% menjadi 11,45%, serta universitas dari 5,7% menjadi 6,97%.

Dalam catatan Google, kata yang paling banyak dicari seputar pencarian kerjaan, berkutat pada, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, lowongan kerja, cara jualan online, banyak juga yang mencari informasi mengenai daftar kartu prakerja untuk mendapatkan intensif dari pemerintah.

Feliciana berujar dalam beberapa tahun terakhir semua telah mengalami serangkaian peristiwa yang membuat masyarakat berada dalam survival mode.

“Tahun ini, kita mulai merenungkan dan mencari cara bagaimana kita dapat bangkit lebih tangguh dan terus bertumbuh. Pada tahun 2021, lebih dari sebelumnya, kita melihat bahwa masyarakat Indonesia mencari jalan menuju pemulihan. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi, tapi masyarakat Indonesia juga bersemangat untuk bertumbuh lebih tangguh, hingga menciptakan terobosan.” tandas Feliciana.