Tuesday, October 20, 2020
Home Apps Fitur Google 'Hum To Search’ Bantu Anda Menemukan Lagu Dengan Bersiul

Fitur Google ‘Hum To Search’ Bantu Anda Menemukan Lagu Dengan Bersiul

-

Jakarta,Selular.ID  – Google telah menambahkan fitur ‘hum to search’ yaitu sebuah alat bantu pencarian yang memungkinkan Anda bisa bersenandung, bersiul atau menyanyikan untuk mencari sebuah lagu yang Anda tidak ingat atau lupa, entah itu judul atau siapa penyanyinya.

Fitur baru tersebut kini tersedia di aplikasi Google di iOS dan Android, atau bisa melalui Google Assistant. Cukup tanyakan ‘lagu apa’ ke Google atau ketuk tombol ‘cari lagu’ lalu Anda tinggal bersenandung pada microfone headset Anda. Google kemudian akan menampilkan hasil berdasarkan seberapa besar kemungkinan kecocokan yang dipikirkannya.

Google dalam keteranganya mengatakan, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/10) bahwa fitur ini bekerja dengan menggunakan model pembelajaran mesin mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu, yang kemudian dilanjutkan dengan mebandingkan lagu yang ada dalam database raksasa mesin pencarian itu.

Baca juga: Monopoli Pasar: Gugatan Terhadap Google Kini Diikuti Negara-Negara Asia

Kemudian pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka telah melatih model-model ini pada berbagai sumber, termasuk manusia yang bernyanyi, bersiul atau bersenandung, serta rekaman studio. Dan menghapus  hal-hal seperti instrumen dan kualitas vokal dengan tujuan mengejar fokus urutan numerik. Karenanya, fitur senandung untuk menelusuri lagu ini berfungsi baik, walaupun yang mengaplikasikanya nanti buta nada sekalipun.

Saat ini fitur bersenandung ini baru tersedia versi Bahasa Inggirs untuk iOS, dan lebih dari 20 bahasa untuk Android. Kedepanya fitur ini menurut Google akan dikembangkan, dengan lebih banyak lagi Bahasa pada fitur ini.

Latest