Saturday, December 7, 2019
Home News Enterprise Zilingo Dorong UMKM Dapatkan Modal Usaha di Era Digital

Zilingo Dorong UMKM Dapatkan Modal Usaha di Era Digital

-

Jakarta, Selular.ID – Zilingo Platform teknologi yang mendukung seluruh rantai fesyen, mengumumkan inisiatif terbarunya yaitu Zilingo Business Forum.

Forum perdana Zilingo kali ini mengangkat tema Kiat Mendapatkan Modal untuk Usaha di Era Digital.

Pokok bahasan diskusi mencakup isu seputar lanskap UMKM Indonesia, insider tips untuk mempercepat proses
pemberian pinjaman dari platform peer-to-peer (P2P) lending serta bagaimana layanan B2B Zilingo dapat membantu memberikan kesempatan bisnis yang setara.

Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head, Zilingo, mengatakan Zilingo percaya bahwa pengembangan industri UMKM adalah cara untuk mendukung perekonomian Indonesia.

“Selain melengkapi bisnis dengan alat dan layanan yang diperlukan, kami meluncurkan Zilingo Business Forum dengan tujuan meningkatkan pengetahuan bisnis para calon pengusaha,”ujar Ade.

Dikatakan Ade, forum ini digelar sesuai
dengan laporan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tentang kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai hingga 60 persen.

Jika 10 persen saja dari UMKM mampu mengembangkan bisnis mereka, hal ini dapat mendorong pertumbuhan
ekonomi nasional hingga 7 persen atau bahkan mencapai 9,3 persen (tahun-ke-tahun).

Namun, masih banyak yang tidak memiliki kapasitas untuk beroperasi secara maksimal karena kurangnya akses ke beberapa aspek seperti keuangan, keterampilan sumber daya manusia dan teknologi.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah juga mencatat bahwa salah satu tantangan utama adalah rendahnya penyaluran kredit di sektor UMKM.

Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) menunjukkan bahwa hanya 18,3
persen dari total pinjaman yang dikeluarkan oleh bank diberikan karena ketidakmampuan UMKM untuk menyediakan laporan dan catatan keuangan yang memadai.

Indra Rukman, Ketua Badan Pengurus Cabang HIPMI Jakarta Pusat, mencatat bahwa kurangnya akses ke modal kerja adalah salah satu tantangan paling mendesak yang dihadapi oleh para anggotanya.

Namun menurut Ade, pengembangan teknologi juga telah merevolusi sektor financial technology (fintech) dan menyediakan lebih banyak pilihan pinjaman, menyederhanakan proses, dan memberikan peluang kepada mereka yang tidak mampu mendapatkan dana melalui jalur tradisional seperti bank.

“UMKM atau calon pengusaha dapat memanfaatkan keuntungan dari memiliki lebih banyak opsi untuk pinjaman, yang mencakup pinjaman P2P dan layanan keuangan yang disediakan oleh berbagai platform termasuk bank dan perusahaan multi-finance,”tutur Ade.

Seperti menggunakan jasa keuangan yang ditawarkan oleh Zilingo.Sebagai bagian dari layanan solusi bisnisnya, Zilingo bermitra dengan berbagai lembaga keuangan seperti platform P2P, bank, dan perusahaan multi-finance untuk menawarkan bantuan keuangan kepada para pedagangnya.

Menurut Ade, sebagai platform teknologi serba ada untuk semua kebutuhan B2B, Zilingo terus mengidentifikasi hambatan yang ada dan menawarkan solusi inovatif untuk menyetarakan kesempatan bersaing dan membantu UMKM untuk terus mengembangkan bisnis mereka di Indonesia.

Baca Juga : Berdayakan Perempuan, Zilingo Luncurkan SheWorkz

Lewat forum ini, kami berharap
semakin banyak sektor UKM yang mendapatkan pengetahuan dan akses pembiayaan untuk pengembangan bisnisnya di kemudian hari sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan
Industri 4.0 di Indonesia,” tutup Ade

Berbicara bersama Zilingo adalah perwakilan dari pengusaha muda di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia
(HIPMI), platform peminjaman berbasis peer-to-peer (P2P) KoinWorks dan produsen garmen dalam negeri Sigma Global Texindo.

 

Latest