Beranda News E-Commerce Bantu Pebisnis di New Normal, Zilingo Gelar 'Ngopi Bareng'

Bantu Pebisnis di New Normal, Zilingo Gelar ‘Ngopi Bareng’

-

Jakarta, Selular.ID – Niat belanja konsumen Indonesia kian menurun di sebagian besar kategori produk sebagai dampak langsung dari pandemi terus menghantui para pemilik brands dan bisnis. Zilingo memahami betul tantangan yang dihadapi oleh pebisnis.

Melalui platform solusi bisnisnya untuk keperluan business-to-business (B2B), Zilingo Trade, mengeluarkan serangkaian layanan dan inisiatif baru.

Kali ini, Zilingo mengumumkan ‘Ngopi Bareng Zilingo Trade’, platform berbagi pengetahuan terbaru untuk para pemilik brands dan bisnis yang ingin mengetahui tentang masalah industri terbaru serta praktik bisnis terbaik dari para pakar industri.

Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head, Zilingo, mengatakan, “Ngopi Bareng Zilingo Trade didedikasikan untuk para brands dan bisnis untuk belajar dan berbagi wawasan dengan para pakar industri.”

“Kami berharap platform ini tidak hanya dapat menginspirasi dan mengangkat semangat para pelaku bisnis, tetapi juga membangun kapasitas mereka dengan memberikan wawasan terbaik untuk membantu setiap bisnis dari segala ukuran, untuk berusaha dan mengembangkan usahanya di tengah periode Kenormalan Baru ini, ” kata Ade.

Edisi pertama dari webinar ‘Ngopi Bareng Zilingo Trade’ mengangkat topik ‘Makna New Normal bagi Pelaku Industri FMCG’.

Menitikberatkan inti diskusi untuk industri FMCG, sesi ini menganalisis perilaku belanja dan konsumsi konsumen Indonesia selama periode kenormalan baru serta berbagai metode belanja yang disukai untuk melakukan pengadaan kebutuhan sehari-hari.

Ade Yuanda Saragih dan Joko Supono, President Director, PT Amanah Prima Indonesia, membagikan saran terbaik untuk perhatian para brands dan bisnis sebagai berikut:

Perhatikan dengan cermat dan beradaptasi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda

Sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, mayoritas konsumen telah beralih ke belanja daring (online) yang dianggap sebagai “cara belanja baru” di mana 30% konsumen mengklaim telah meningkatkan aktivitas belanja secara online. Sementara 40% lainnya berencana untuk melanjutkan pembelian secara online bahkan setelah pandemi berakhir.

Situasi ini mencerminkan bahwa walaupun harga jual dan panic buying telah kembali normal, permintaan pasar terus meningkat seiring dengan kesadaran konsumen akan keselamatan dan kesehatan pribadi.

Ade juga memprediksikan bahwa kondisi enam bulan ke depan tidak akan terlalu berbeda karena masyarakat Indonesia telah menyesuaikan diri dengan cara hidup baru ini.

Perkirakan potensi risiko yang ada di semua sektor

Dalam beberapa minggu pertama wabah COVID-19 di Indonesia, Joko Supono dari PT Amanah Prima Indonesia juga mengalami kesulitan untuk mempertahankan bisnis di tengah masa pandemi. Joko mengambil pendekatan secara langsung dan memastikan bahwa semua operasi di pabrik dilakukan secara teratur sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan yang ada.

Didukung oleh timnya, Joko juga mendorong upaya pemasarannya ke ranah digital mengingat lebih banyak pelanggannya mulai beralih ke online marketplace atau platform pengadaan untuk memenuhi kebutuhan jus sehat sehari-hari.

Upaya ini terbukti efektif, dilihat dari peningkatan pendapatan hingga 180% dan daya beli dari konsumen baru meningkat 28-30% lebih tinggi dari konsumen Toza Juice yang sudah ada.

Tingkatkan upaya untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan

Komunikasi yang ramah dan lembut kepada konsumen juga sangat dianjurkan. Pendekatan ini terbukti sangat efektif karena salah satu konsumen Toza Juice memutuskan untuk mengulangi pesanan dari PT Amanah Prima Indonesia, tiga hari sejak pemesanan pertama.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang tantangan industri, praktik terbaik serta update dari rekan bisnis yang tengah menghadapi situasi COVID, Anda juga bisa mengikuti edisi ‘Ngopi Bareng Zilingo Trade’ kedua pada hari Jumat, 17 Juli 2020 dengan tema ‘Menjawab Tantangan Bisnis Kenormalan Baru Melalui Pemanfaatan Teknologi.’

Webinar kedua ini akan menghadirkan Sadana Iwan, Director, JOBB dan Denny Budianto, General Manager, Gino Mariani.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6...

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2020, cukup banyak vendor yang merilis smartphone kelas menengah, misalnya...

Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Jakarta, Selular.ID - Pangsa pasar segmen kelas menengah di Indonesia masih cukup menarik bagi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Notebook

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan memiliki notebook terbaik tahun 2020 merupakan hal yang sangat wajib...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone for Education

Jakarta, Selular.ID – Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi semua kalangan masyarakat termasuk...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait