Beranda Insight Kategori Produk E-Commerce yang Naik Daun Jelang Idul Fitri 2021

Kategori Produk E-Commerce yang Naik Daun Jelang Idul Fitri 2021

-

Jakarta, Selular.ID – Seluruh umat Muslim di dunia kembali memasuki bulan suci Ramadan, sebulan penuh berpuasa dan siap menyambut hari kemenangan. Meskipun pandemi terus berlangsung, namun tidak menghalangi niat baik dan semangat dalam menjalankan ibadah di bulan yang baik ini. Hal tersebut juga berlaku untuk pelaku usaha yang ingin memanfaatkan momentum ini dalam memaksimalkan pendapatan penjualan.

Platform B2B Zilingo Trade menyediakan bagi pelaku usaha Indonesia dari berbagai skala untuk mempersiapkan kebutuhan perayaan Ramadan spesial hanya dari rumah melalui festival pengadaan online “Serba Serbi Ramadan” dan beberapa sub-kampanye lainnya yang berlangsung hingga Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Simak sepuluh rekomendasi kategori produk yang sedang naik daun selama bulan Ramadan dari Zilingo yang bisa menjadi inspirasi penjualan para pelaku usaha:

1. Busana Muslim
Produk pertama yang sangat dicari oleh konsumen saat bulan Ramadan adalah busana muslim untuk kebutuhan hari raya. Biasanya untuk para pria, busana yang banyak dicari adalah baju koko, untuk digunakan saat sholat Ied, sedangkan untuk para wanita adalah gamis serta hijab.

2. Perlengkapan Sholat
Selama sebulan penuh berpuasa, tentunya tidak sedikit umat Muslim yang ingin melengkapi atau memperbaharui perlengkapan ibadahnya. Hal tersebut dikarenakan bulan Ramadan menjadi bulan untuk kembali fokus pada kegiatan keagamaan. Perlengkapan sholat yang paling sering dicari yaitu termasuk sajadah, mukena, sarung, dan peci.

3. Makanan Kaleng
Selain berbuka puasa, kegiatan sahur bersama menjadi hal yang ditunggu saat bulan Ramadan. Makanan kaleng menjadi buruan konsumen saat bulan puasa dikarenakan penyajiannya yang praktis dan cepat terlebih untuk santap sahur sahur. Produk makanan kaleng yang paling sering dicari yaitu ikan, kornet, makanan laut beku dan buah.

4. Kurma
Buah kurma sepertinya sudah menjadi makanan wajib dan bahkan tidak jarang menjadi ikon di bulan Ramadan. Rasanya sahur dan berbuka menjadi lebih lengkap dengan kehadiran kurma. Hal tersebut tentu menjadikan kurma banyak dicari konsumen saat bulan puasa. Tidak jarang umat Muslim yang membelinya dalam jumlah banyak, terlebih kurma pun awet jika disimpan dengan benar.

5. Peralatan Dapur
Memasak adalah salah satu kegiatan rutin yang istimewa saat bulan Ramadan. Dikarenakan selama Ramadan pastinya keluarga ingin menyajikan masakan istimewa untuk berbuka puasa ataupun saat sahur. Berbagai menu masakan kreasi khas lebaran akan disiapkan agar puasa lebih bermakna. Peralatan dapur yang sering dicari konsumen saat bulan Ramadan yaitu frying pan atau penggorengan, panci presto dan peralatan makan.

6. Produk Elektronik
Tanpa disadari, selama bulan Ramadan, konsumen juga mengincar barang-barang elektronik. Barang-barang tersebut termasuk pendingin ruangan, mesin cuci, televisi, dispenser dan lain-lain. Banyak juga masyarakat yang menginginkan kulkas, terutama untuk menyimpan produk makanan berupa sayuran dan buah-buahan tetap segar.

7. Furnitur dan Dekorasi Rumah
Dikarenakan Lebaran tahun ini masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saja, mendekorasi dan menata ulang rumah dapat menjadi pilihan kegiatan yang bisa dilakukan keluarga. Terlebih, furnitur pun kini telah menjadi produk fesyen, mode dan gaya hidup. Furnitur dan dekorasi yang menjadi pilihan konsumen menjelang Hari Raya termasuk sofa, meja ruang tamu, meja makan, dan dekorasi dinding.

8. Kue Kering dan Snack
Kue kering dan snacks sudah menjadi makanan pelengkap yang wajib ada di rumah umat Muslim di Indonesia pada saat Lebaran. Pada umumnya, kue kering yang sering dijadikan sajian lebaran adalah kue putri salju, nastar, kastengel, dan masih banyak lagi.

9. Sirup
Kategori produk selanjutnya yang tidak kalah laris di kalangan umat Muslim adalah sirup. Jika kita sadari, ketika iklan sirup sudah mulai tayang di layar televisi maka tandanya bulan puasa sudah dekat. Permintaan akan produk sirup memang selalu meningkat dan menjadi primadona di bulan ini. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia senang untuk berbuka puasa dengan yang menyegarkan dan manis, dan sudah sirup pun menjadi pilihan yang tepat.

10. Parcel dan Hampers Lebaran
Budaya memberikan parcel sangat lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia. Parcel atau hampers juga telah menjadi salah satu simbol berbagi berkah di bulan Ramadan. Biasanya, parcel ini diberikan untuk keluarga, kerabat, atau bahkan rekan kerja menjelang Hari Raya. Parcel paling umum berisi kue kering, makanan ringan, serta kebutuhan pokok. Namun seiring berjalannya waktu, konsumen sudah semakin kreatif dalam menyiapkan hampers lebaran.

Para pebisnis bisa menemukan berbagai promo kampanye menarik seperti “Serba Serbi Ramadan” yang menghadirkan perlengkapan rumah hingga barang elektronik dengan mulai dari Rp30.000 dan semakin hemat dengan diskon 57% + ekstra voucher Rp30K, “Grosir Heboh Baju Muslim” untuk koleksi terlengkap busana Muslim untuk Ramadan dengan diskon 20% + extra voucher Rp30K serta “Ramadan Tetap Cantik” dengan berbagai pilihan produk kecantikan dan perawatan diri terbaik mulai dari Rp5.000.

“Kami memahami pentingnya bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum Ramadan dan Lebaran demi memaksimalkan pendapatan di tengah pandemi. Untuk itu, platform solusi bisnis satu atap kami, Zilingo Trade, menghadirkan pilihan produk terlengkap dan penawaran eksklusif untuk mempersiapkan Anda menyambut hari kemenangan dari rumah. Melalui kampanye “Serba Serbi Ramadan”, pelaku usaha dapat melakukan proses pengadaan yang mudah dan aman serta diharapkan dapat menjawab permintaan konsumen yang terus meningkat menjelang Hari Raya,” kata Patrick Vaz, Country Manager, Zilingo Indonesia.

Artikel Terbaru