Jakarta, Selular.ID – Berbeda dengan perangkat-perangkat sebelumnya, OPPO Find X mengusung desain ajaib. Kameranya menyumbul ke atas bila dikomandokan saja. Pada penggunaan biasa, OPPO Find X terkesan bersih tanpa imbuhan ornamen kasual.

Pada bagian depan OPPO Find X Anda tidak akan melihat tombol, kamera, dan earpiece. Di sisi belakang pun terkesan hening tanpa adanya komponen kamera, flash, maupun speaker.

“OPPO mendapat tanggapan yang baik mengenai keindahan dan kecanggihan OPPO Find X. Banyak orang yang merespon bahwa mereka belum pernah melihat smartphone yang secantik OPPO Find X. Tidak sedikit juga yang penasaran dengan kamera tersembunyi OPPO Find X itu seperti apa,” kata Suwanto, Marketing Plan, OPPO Indonesia, pada peluncuran OPPO Find X di Jakarta beberapa waktu lalu (18/7/2018).

Jika Anda termasuk salah satu orang yang penasaran dengan desain baru smartphone OPPO, berikut hands-on Selular.ID bersama OPPO Find X: The Future Flagship.

Serupa dengan smartphone unggulan dari vendor manapun (dengan harga lebih dari Rp10 juta), OPPO Find X mengusung desain tercantik dengan material kualitas tertinggi di jajaran smartphone OPPO.

BACA JUGA:
Pertama Usung Super VOOC, Oppo R17 Pro Menuju Indonesia

Bagian Depan

Pertama-tama mari kita tengok tampak depan OPPO Find X. Di sekeliling layar, terlihat bezel yang sangat tipis, terutama di bagian atas.

Jika dibandingkan dengan smartphone yang ada saat ini, desain OPPO Find X terlihat sangat futuristik. Tidak ada tombol, tidak ada sensor kamera, tidak ada lubang speaker, dan tidak ada notch di layar (poni).

Menggunakan OPPO Find X untuk membaca berita, mengecek timeline medsos, untuk chatting, untuk menonton video, terasa bagaikan sebuah eksperimen yang baru. Konten yang ditampilkan bisa penuh tanpa terusik poni.

Terlebih bentang layar OPPO Find X sebesar 6,42 inci memenuhi hampir semua sisi depan. Secara spesifik 93,8 persen sisi depan adalah layar dengan resolusi Full HD. Sisanya hanya ada bezel (bingkai). Membuat Find X adalah smartpone yang mempunyai rasio layar paling besar di dunia.

OPPO menggunakan layar AMOLED fleksibel melengkung pada Find X dengan ujung layar ditekuk ke belakang. Hal itu diperlukan untuk tempat memasang chip sensor. Ini adalah teknik pemasangan chip terbaru guna mengurangi bezel bagian bawah. Dan untuk saat ini hanya OPPO Find X yang mempunyai bezel bawah paling tipis.

BACA JUGA:
Gandeng Shopee, Oppo A7 Buka Pre-Order di Indonesia

Desain Melengkung

Tidak hanya layar, OPPO juga merancang desain yang nyaman untuk digunakan sepanjang hari. Layar 3D mempunyai lengkungan ekstrem hingga ke bawah sehingga mempunyai sudut yang menonjol dan terasa tajam.

Tapi pada perakitan layar 3D di OPPO Find X, vendor menyatukan layar 3D dengan bezel samping melengkung 2.5D dan membuat lengkungan yang lebih smooth, sehingga Anda tidak akan merasakan sudut yang tajam pada Find X. Dengan begitu Find X tidak terlihat seperti alat elektronik yang kaku.

Di bagian atas dan bawah juga terlihat lengkungan yang agak ke dalam. Selain terlihat elegan, lengkungan ini juga berfungsi agar suara speaker tidak gampang ditutupi oleh telapak tangan.

Selanjutnya kita lihat sisi belakang OPPO Find X. Terasa senyap, tidak ada kamera yang menonjol, tidak ada flash LED, dan tidak ada komponen-komponen lain yang merusak estetika desain. Hanya ada satu cover yang simpel dan minimalis. Bagian belakang juga dilapisi Corning Gorilla Glass 5.0 dengan ketangguhan yang sama dengan sisi depan.

BACA JUGA:
Sstt.. Oppo A7 Kena Korting Rp 400 Ribu

Pilihan Warna

OPPO Find X hadir dalam dua pilihan warna: Bordeux Red dengan nuansa misterius dan berkharisma serta Glacier Blue yang memiliki cahaya berdimensi dan mengkilap.

Perusahaan sepertinya menggunakan teknik pewarnaan multi layer sehingga memantulkan cahaya yang lebih berdimensi dan merefleksikan gradiasi warna yang berubah-ubah jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Jika Anda tertarik memiliki The Future Flagship, OPPO Find X sudah bisa ditemukan di toko-toko konvensional dan online dengan harga resmi Rp12.999.000.

Flagship OPPO Find X sendiri menampilkan tiga kamera dengan sensor Sony tersembunyi di balik kerangka unibody. Kamera depan OPPO Find X memiliki resolusi 25MP dengan sensor IMX 576, sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 16MP dan 20MP dengan sensor IMX 519+ dan IMX 376k.

OPPO Find X sudah dilengkapi ColorOS 5.1 yang berbasis Android 8.1. Sistem operasi ini terintegrasi dengan AIE engine dari prosesor Snapdragon 845 yang dilengkapi dengan Qualcomm Hexagon 685 DSP, dipadu RAM 8GB dan ROM 256GB.