Sunday, September 23, 2018

Ericsson Bangun Laboratorium Inovasi 5G

Jakarta, Selular.ID – Vendor jaringan asal Swedia memutuskan untuk membangun laboratorium inovasi 5G pertama di India.

Laboratorium yang berpusat di Institute of Technology Delhi, bertujuan untuk mempercepat penyebaran 5G di negara tersebut dengan menyatukan ekosistem telekomunikasi, akademisi, industri, dan start-up.

Borje Ekholm, Presiden dan CEO Ericsson, mengatakan bahwa Pusat Keunggulan dan Laboratorium Inovasi bertujuan untuk merangsang ekosistem 5G di India.

“Kami ingin merangsang kreativitas dan inovasi industri India, akademisi dan wirausahawan. Untuk sepenuhnya memanfaatkan dan membuat 5G hadir di India”.

Dalam peresmian pusat pengembangan 5G tersebut, Ericsson menampilkan demo live 5G pertama dari teknologi beamforming dan beam tracking dari kantor pusatnya di Stockholm.

Baca juga: Menyoroti Kesiapan Vendor Jaringan Berebut Kavling 5G

Manoj Sinha, Menteri Negara untuk Komunikasi dan Kereta Api mengatakan bahwa keberadaan Pusat Pengembangan 5G akan mendukung rencana pemerintah untuk menumbuhkan ekosistem 5G yang kuat dan dinamis di India.

BACA JUGA:  Akan Jadi Tambang Uang di Masa Depan, Berapa Harga Ideal Frekwensi 5G?

“Kami ingin India menjadi peserta aktif dalam desain, pengembangan, dan pembuatan teknologi, produk, dan aplikasi berbasis 5G”, ujar Manoj.

Dia mengatakan negara itu membutuhkan seluruh ekosistem untuk bekerja sama untuk membuat 5G menjadi kenyataan dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan.

Baca juga: Asia Pasifik Berpotensi Jadi Pasar 5G Terbesar di Dunia, Apa Alasannya?

Riset Ericsson memprediksi pendapatan 5G di India dapat mencapai USD27,3 miliar pada 2026, dengan potensi operator negara itu menghasilkan tambahan USD13 miliar dalam pendapatan jika mereka mengambil alih peran di luar konektivitas dan penyedia infrastruktur, dengan menjadi penyedia layanan sekaligus content creator.

Ericsson meramalkan peluang terbesar dari kehadiran 5G akan terjadi di sektor-sektor seperti manufaktur, energi dan utilitas, diikuti oleh keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Uday Rayana
Editor in Chief

MUST READ

Ini 4 Fitur Andalan Vivo V11 Pro

Jakarta, Selular.ID – Vivo secara resmi meluncurkan smartphone barunya ke Indonesia yakni Vivo V11 Pro. Sejauh ini Vivo dikenal dengan inovasi dan teknologi barunya. Vivo...

LATEST

Line Concert Ketiga Sambangi Yogyakarta

Jakarta, Selular.ID - Line Concert akan kembali menyapa masyarakat Indonesia tahun ini. Setelah mengunjungi Surabaya dan Medan, kini Line Concert akan hadir di Yogyakarta...

ShopeePay Kantongi Izin BI

Jakarta, Selular.ID – Satu tahun dibekukan karena proses perizinan, akhirnya Shopee bersiap meluncurkan ulang dompet digital di dalam aplikasi yang bernama ShopeePay. “Payment kita baru...

Oppo Ungkap Alasan Rilis F9 Lebih Cepat

Jakarta, Selular.ID - Oppo Indonesia mengaku F9 rilis lebih cepat dari jadwal seharusnya, baik di kancah global maupun di tanah air. "OPPO F9 itu kehadirannya...

Ovo QR Code Sudah Bisa Digunakan di Bandung

Jakarta, Selular.ID – Ovo mengumumkan bahwa Ovo QR code telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi Ovo dan Grab. Ovo telah memperluas jangkauannya ke...

Berhenti Beroperasi, Ini Cara Backup Data Path Anda

Jakarta, Selular.ID - Path resmi mengumumkan penghentian layanannya. Melalui blog resmi, media sosial mengimbau penggunanya untuk menyimpan data yang pernah dibagi di platform. "Dengan penuh...