Saturday, April 20, 2019
Home News Enterprise Saham ZTE Naik Usai Bayar Denda ke AS

Saham ZTE Naik Usai Bayar Denda ke AS

-

Jakarta, Selular.ID – ZTE telah membayar denda kepada pemerintah Amerika Serikat (AS) akibat kasus perdagangan dan pengiriman barang ilegal yang dilakukan beberapa waktu lalu. ZTE sudah membayar denda sebesar USD1,4 miliar atau setara Rp19 Triliun kepada Departemen Perdagangan AS pada 7 Juni lalu. Penyelesaian kasus ini membawa dampak positif bagi ZTE.

Baca juga : Pasca Pemulihan Bisnis di AS, ZTE Kejar Pinjaman USD11 Miliar

Dilansir Reuters, saham ZTE naik sebanyak 18% di Hong Kong. Saham ZTE yang terdaftar di Hong Kong naik setinggi HK $ 11,62 (USD 1,48) pada hari Rabu. Sebelumnya saham ZTE mengalami penurunan sebsar 25% sebelum penyelesaian kasus perdagangan illegal.

Baca juga : Donald Trump Izinkan ZTE Beroperasi Kembali di AS

Saham ZTE yang terdaftar di Shenzhen menurun selama lima hari berturut-turut dengan batas maksimal yang diijinkan 10%. ZTE terus mengejar kenaikan pendapatannnya di saham HongKong sejak diizinkan kembali untuk mensupply kembali produk mereka di perusaahaan AS.

Baca juga : Terancam Ditutup, Pemerintah AS Minta ZTE Penuhi Kesepakatan

ZTE mengatakan bahwa Undang-undang National Defense Authorization Act (NDAA) yang disahkan oleh Senat AS pada hari Senin akan mengembalikan hukuman pada ZTE. Namun, RUU tersebut hanya akan menjadi undang-undang jika dapat direkonsiliasi dengan versi yang berbeda yang disahkan oleh House of Representatives dan ditandatangani oleh Presiden AS Trump. Perubahan RUU tersebut jelas menuai pro-kontra bagi para pendukung Gedung Putih.

Baca juga : Ini Hasil Kesepakatan Pemerintah AS dan Tiongkok Soal ZTE

UU yang ditetapkan senat Gedung Putih pada hari Senin lalu mencakup dua ketentuan yang mencegah pejabat federal untuk menghapus hukuman pada ZTE. Ini menjadi konflik dengan Gedung Putih mengenai larangan distribusi produk ZTE pada perusahaan di Amerika Serikat.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest