spot_img
BerandaNewsSocial MediaFacebook Uji Coba Biaya Berlangganan untuk Akses Group

Facebook Uji Coba Biaya Berlangganan untuk Akses Group

-

Jakarta, Selular.ID – Facebook mulai mengenakan biaya $4,99 hingga $29,99 per bulan untuk keanggotaan eksklusif di grup-grup tertentu. Hal itu diumumkan perusahaan melalui postingan blog hari ini.

Kelompok pengasuhan, memasak, dan home cleaning akan menjadi yang pertama dites untuk mendapatkan fitur baru. Grup-grup gratis akan tetap gratis, tetapi mereka akan segera memiliki opsi untuk meluncurkan sub-grup premium.

Sebagai contoh, blogger gaya hidup Decmutter My Home dari Sarah Mueller memulai grup Organize My Home dengan biaya $14,99 per bulan untuk yang mau bergabung.

Dan kelompok Grown dan Flown Parents membuat grup College Admissions yang mengenakan biaya $29,99 untuk akses ke konselor perguruan tinggi.

Sebelumnya, grup Facebook selalu gratis. Dengan mengenakan biaya untuk keanggotaan bisa meningkatkan rasa eksklusif dan membuat kelompok merasa lebih istimewa untuk masuk. Biaya langganan juga bisa menghalangi lebih banyak orang untuk bergabung.

“Facebook mengatakan admin grup menghabiskan waktu untuk mengembangkan komunitas mereka dan harus dapat menghasilkan uang darinya.”

Facebook mengatakan fitur baru ini adalah agar admin grup, yang meluangkan banyak waktu dan dedikasi untuk mengembangkan komunitas mereka, juga dapat menghasilkan uang pada saat yang sama.

Perusahaan juga mengatakan admin bisa mendapat uang yang mereka hasilkan untuk membuat konten lebih berkualitas untuk grup juga, apakah itu lebih banyak pos, video, atau pertemuan dan acara offline.

Baca juga: Kini Facebook Messenger Bisa Group Payment

Untuk saat ini, fitur tersebut masih berupa eksperimen di aplikasi mobile dan Facebook tidak akan (belum) mengenakan biaya berlangganan. Lagipula, sebagai bagian dari kebijakan standar App Store dan Play Store, Apple dan Google-lah yang akan mengumpulkan biaya langganan pengguna melalui iOS dan Android.

Namun, ini hanyalah permulaan bagi upaya Facebook dalam memonetisasi grup, berbeda dari News Feed yang kaya iklan.

Artikel Terbaru