Tuesday, June 2, 2020
Home News Social Media Tren Media Sosial Indonesia Didominasi Sektor Teknologi dan Telekomunikasi

Tren Media Sosial Indonesia Didominasi Sektor Teknologi dan Telekomunikasi

-

Jakarta, Selular.ID – Pada pertengahan Januari ini, firma riset media sosial Sotrender dan Joy Intermedia merilis laporan edisi keempat tren Facebook fanpage dan Twitter di Indonesia untuk bulan Desember 2014. Laporan tersebut berisi data jangkauan, keterlibatan dan konten untuk 9 industri yang berbeda di Indonesia. Yang menarik, dari laporan tersebut industri teknologi dan telekomunikasi terlihat mendominasi.

Tren Facebook fanpage Indonesia (sumber: Sotrender.com)
Tren Facebook fanpage Indonesia (sumber: Sotrender.com)

Di Facebook fanpage, situs e-commerce OLX memiliki jumlah fans terbesar mencapai lebih dari 5 juta disusul oleh BlackBerry di angka 4,6 jutaan. Di posisi ketiga ada Yamaha Motor, namun setelah itu ada XL Rame dan Berniaga. BlackBerry adalah merek dengan pertumbuhan fanpage tertinggi sebesar 1637% disusul Zalora. Sedangkan merek yang paling memiliki keterikatan (engagement) dengan follower adalah Samsung. Telkomsel adalah perusahaan yang paling responsif saat menerima feedback dari pengguna.

Sementara itu untuk Twitter, forum komunitas Kaskus memiliki follower tertinggi mencapai 2 juta disusul XL Axiata di angka 1 juta dan Samsung sebesar 785 ribu. Sementara itu operator Telkomsel yang pelanggannya terbesar di atas 100 juta, tumbang oleh XL Axiata dengan follower separuhnya yakni 500 ribu. Walau demikian, operator plat merah ini berhasil menjadi merek yang paling memiliki keterikatan dengan follower, disusul Sony dan Samsung.

Tren Twitter di Indonesia pada Desember 2014 (Sumber: Sotrender.com)
Tren Twitter di Indonesia pada Desember 2014 (Sumber: Sotrender.com)

Berkaca dari laporan tersebut, pengamat teknologi sekaligus editor adDiction Aulia Masna mengatakan untuk kategori teknologi, setengah dari sepuluh halaman Facebook yang paling menarik adalah milik perusahaan telepon seluler, enam jika Acer juga dihitung. Karena mereka juga menggunakan halaman untuk mempromosikan produk ponsel, tablet dan notebook. “Ini adalah refleksi yang kuat mengenai minat masyarakat Indonesia yang mengarah ke perangkat elektronik, karena pada umumnya tren di Facebook cenderung mengikuti tren non-online,” ujarnya.

Sebagaimana di Facebook, lima dari sepuluh profil lokal teratas di Twitter untuk perusahaan teknologi adalah produsen ponsel, sesuai dengan tren konsumen saat ini. Pria yang sering dipanggil Amasna ini menambahkan, banyak perusahaan teknologi yang menerima perhatian konsumen baik di Facebook maupun Twitter adalah perusahaan yang sama. Padahal demografi konsumen dan perilaku pengguna di kedua layanan media sosial tersebut cenderung berbeda. “Ini berarti bahwa terlepas dari demografi, perusahaan perlu memperhatikan jaringan media sosial yang berbeda untuk menjangkau konsumen mereka,” cetus Aulia.

TERBARU

Lonjakan Trafik Selama Masa Pandemi Tidak Membahayakan Lingkungan

Jakarta, Selular.ID - Lalu lintas jaringan yang meningkat selama tindakan penguncian Covid-19 (corona virus)...

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Latest