Thursday, June 20, 2019
Home News Perusahaan Cina Tuding Apple Langgar Paten Terkait Siri

Perusahaan Cina Tuding Apple Langgar Paten Terkait Siri

-

29 March 2013 10:00
Sebuah perusahaan Cina menggugat Apple atas dasar pelanggaran hak paten. Shanghai Zhi Zhen mempermasalahkan teknologi Siri yang berada di tubuh iPhone 4S telah melanggar paten software pengenalan suara yang dimiliki perusahaan. Kasus ini pun berujung pada pengadilan di Shanghai.Zhi Zhen mengembangkan produk bernama Xiaoi, yang dijuluki sebagai sebuah “chat robot system”. Selama bertahun-tahun, Xiaoi ini telah digunakan di berbagai bidang, termasuk hotline pemerintah, perbankan, telekomunikasi, dan kebutuhan customer service e-commerce. Xiaoi merupakan produk “MSN robot”, yang bisa chatting dengan pengguna untuk menangani pertanyaan-pertanyaan mengenai berita, peta, saham, cuaca, sampai program televisi. Hingga kini, Zhi Zhen mengantongi lebih dari 100 juta pengguna Xiaoi.

Perusahaan mengklaim telah mengajukan paten sejak tahun 2004, dan mulai berlaku pada tahun 2006. Sementara, Siri memulai debutnya pada iPhone 4S di tahun 2011. Siri dikembangkan dengan teknologi Apple, menggunakan lisensi dari Nuance Communications. Siri sendiri adalah “asisten pribadi virtual” yang merespon perintah suara sehingga bisa melakukan hal-hal seperti mengirim pesan dan mencari di internet tanpa menelusuri layar.

“Perusahaan akan meminta Apple untuk menghentikan produksi dan menjual produk yang menggunakan hak paten, setelah pelanggaran ini dikonfirmasi,” kata pengacara Zhizhen, dilansir dari ShanghaiDaily.com (27/3/2013). Bahkan, mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk menuntut kompensasi di waktu mendatang

Masalah Shanghai Zhi Zhen mengungkit-ungkit kemampuan Siri merujuk pada interaksi robot. Teknologi yang terdapat pada Siri cenderung berupa interaksi “man-machine”, bukan teknologi pengenalan suara. Inilah yang menjadi hak paten dari layanan “word chat” kepunyaan Xiaoi. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.shanghaidaily.com

Latest