Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

3 Media Sosial yang Paling Populer di Indonesia Menurut Invinyx

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Berikut platform media sosial yang paling favorit bagi generasi Z atau Gen Z.

Media sosial tidak hanya menjadi platform untuk interaksi sosial, melainkan salah satu pilar penting bagi masyarakat dan pelaku industri dalam melakukan pemasaran digital.

Merespon kondisi tersebut, Invinyx, agensi pemasaran digital bersama lembaga survei ternama, Jakpat, meluncurkan laporan bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial.

Laporan terbaru ini memberikan insight menarik bagi pelaku industri mengenai perilaku masyarakat Indonesia di media sosial.

Salah satu temuan dari laporan Invinyx dan Jakpat menunjukkan bahwa platform Instagram tetap menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z selama 2023.

TONTON JUGA:

Muhammad Ilmayanto Rustriananda, Co-Founder at INVINYX Digital Agency mengatakan sebagai startup agensi yang berkiprah di bidang pemasaran digital, Invinyx memiliki data primer yang kaya akan informasi mengenai preferensi masyarakat dalam platform media sosial maupun key opinion leaders.

Baca juga: Menarik, Paslon yang Populer di Media Sosial Saat Hari Pencoblosan

“Insight tersebut kami kemas dan sajikan lebih mendalam dalam laporan ini. Harapannya, inisiatif ini dapat membantu pelaku industri untuk dapat lebih adaptif dalam berstrategi, mengikuti pergerakan preferensi perilaku konsumen di dunia digital, apalagi seiring dengan audiens yang semakin matang dan cerdas dalam menikmati konten pemasaran di media sosial,” katanya.

Beberapa temuan menarik lainnya dari laporan Invinyx dan Jakpat di antaranya:

  • Platform Instagram tetap jadi media sosial pilihan seluruh responden, khususnya bagi generasi Z. Secara keseluruhan terdapat 3 platform media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh responden yakni Instagram (94%), YouTube (91%), dan TikTok (81%).
  • Vlog, podcast, dan story merupakan 3 format konten yang paling diminati di media sosial. Jika diklasifikasi berdasarkan gender, kalangan wanita juga menyukai format konten vlog dan foto. Sementara, bagi kalangan pria, live streaming dan giveaway turut populer.
  • Hiburan menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial oleh responden dengan persentase mencapai 88%. Diikuti juga dengan jenis konten kuliner (84%) dan fesyen (65%).

Selain format dan jenis konten, kuliner juga menjadi produk yang paling populer untuk dibeli oleh responden di platform media sosial.

Pada kategori Gen Z, cenderung lebih sering membeli produk kuliner, kecantikan, dan fesyen.

Baca juga: Tornado Rancaekek Viral di Media Sosial, BRIN dan BMKG Beda Pendapat

Sementara itu, pada Gen Y dan Gen X lebih menyukai produk kuliner dan perangkat elektronik.

Terdapat faktor penting yang mempengaruhi responden untuk membeli produk di platform media sosial, yaitu memiliki tautan atau link produk pada konten promosi yang dilakukan oleh key opinion leader guna memudahkan responden menemukan produk dengan mudah.

Ikuti berita Selular.id di Google News

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU