Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Simak Cara Kerja Data Center, dari Jaringan hingga Penyimpanan

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Data center adalah fasilitas yang menampung sejumlah besar server komputer, perangkat penyimpanan, peralatan jaringan, dan komponen lain yang diperlukan untuk pemrosesan dan penyimpanan data.

Data center dirancang untuk menyediakan lingkungan yang aman dan terkendali yang dapat beroperasi 24/7/365, dengan ketersediaan dan keandalan yang tinggi.

Data center sangat penting bagi organisasi yang sangat bergantung pada komputasi dan penyimpanan data, seperti bank, lembaga pemerintah, penyedia layanan cloud, dan perusahaan berskala besar lainnya.

TONTON JUGA:
@selular.id

Wow!! #tabletrasalaptop bener gak ya? Huawei MatePad 11 2023 ini diklaim udah kaya laptop banget, penasaran cek videonya👍 #huawei #matepad11 #2023 #tablet #terbaru2023 #infogadget #indonesia #terbaru2023 #fyp #selularid

♬ Vibes – ZHRMusic

Berikut adalah beberapa langkah tentang cara kerja data center:

Baca juga: Sejumlah Faktor Keamanan Saat Memilih Data Center

Desain dan Perencanaan: Langkah pertama dalam membangun data center adalah merancang dan merencanakan. Ini termasuk menentukan ukuran data center, persyaratan daya, persyaratan pendinginan, dan infrastruktur jaringan.

Konstruksi: Setelah perencanaan selesai, data center dibangun sesuai dengan desain yang telah ditetapkan.

Pemasangan Server: Server-server yang diperlukan dipasang di data center. Ini melibatkan mengatur dan menghubungkan server ke jaringan.

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

Pemasangan Penyimpanan: Sistem penyimpanan data, seperti storage area network (SAN) atau network-attached storage (NAS), diimplementasikan untuk menyimpan data.

Jaringan: Jaringan internal dan eksternal dikonfigurasi untuk menghubungkan server dan perangkat lain di data center.

Pendinginan dan Daya: Data center memerlukan sistem pendinginan untuk menjaga suhu optimal dan sistem daya yang andal untuk menghindari gangguan.

Keamanan: Keamanan fisik dan siber diterapkan untuk melindungi data center dari ancaman.

Pemantauan dan Pemeliharaan: Data center harus dipantau secara terus-menerus untuk memastikan kinerjanya optimal. Pemeliharaan rutin juga diperlukan untuk menjaga keandalan sistem.

Data center bekerja dengan menghubungkan server-server yang tersedia agar bisa berkomunikasi satu sama lain.

Setelah terhubung, penyedia pusat data mendistribusikan beban kerja ke setiap server.

Dengan demikian, data center memainkan peran krusial dalam mendukung operasi teknologi informasi dan menyimpan data yang vital bagi organisasi dan layanan digital kita.

Baca juga: Kejagung Diminta Seret Perusahaan dan Pengurus Parpol yang Terlibat Korupsi BAKTI Kominfo

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU