Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Komeng For President Viral di Media Sosial

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Pelawak Komeng bikin gempar satu Indonesia lantaran muncul dalam surat suara calon anggota DPD dari Jawa Barat, pada Pemilu 2024 yang digelar Selasa (14/2/2024) lalu.

Banyak netizen yang kaget Komeng turut berkontestasi dalam Pemilu kali ini, lantaran tak ditemukan baliho dirinya di sudut-sudut jalan.

Salah satu yang ramai disorot netizen adalah foto Komeng di surat suara Pemilu 2024 dengan pose tak biasa. Matanya melotot dengan raut wajah penuh lawak, seakan mengingatkan kembali dengan ucapan ikonik ‘uhuy’ dari Komeng.

Dalam hasil penghitungan suara KPU, hingga saat ini Komeng unggul jauh dengan mengantongi 10,05% perolehan suara.

TONTON JUGA:
@selular.id

Kok Bisa!! 3 hape 1 akun WhatsApp! #fiturbaru #whatsapp #2023 #aplikasi2023 #multichat #AdaCintaAdaKitKat #kepo #rabuhujan #tipsandtricks #carawhatsapp

♬ FUTURE HOUSE – Sergey Wednesday

Update hingga pukul 10.44 WIB hari ini, sudah 39,63 data yang masuk dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berdasarkan penghitungan suara tersebut, Komeng digadang-gadang akan melaju ke parlemen yang berkantor di Senayan.

Baca juga: Sejarah Quick Count di Indonesia: Sejak 1997 dan Tak Pernah Meleset

Namun, netizen justru punya julukan baru untuk Komeng.

Julukan tersebut tak lain adalah ‘Komeng for President’.

Ada netizen yang mengedit wajah Komeng muncul di majalah Time dengan dibubuhkan keterangan ‘The New Hope’.

Cara Cek Real Count

Rakyat Indonesia saat ini disuguhkan dengan hasil hitung cepat alias quick count hasil pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) 2024.

Dalam hitung cepat alias quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dinyatakan menang satu putaran oleh sejumlah lembaga survei.

Tidak hanya itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP juga unggul untuk Pileg 2024.

Namun, keputusan resmi terkait penghitungan suara secara real count tentu saja akan dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) usai semua suara lengkap terhitung.

Publik juga bisa memantau secara langsung proses penghitungan suara di tingkat tempat pemungutan suara secara real count melalui handphone.

Publik dapat memantau langsung penghitungan suara di tingkat TPS (real count) secara daring melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU RI.

Baca juga: Cara Kerja Quick Count: Teknologi Dibalik Itu

Masayrakat dapat mengakses laman pemilu2024.kpu.go.id untuk melihatnya.

Di dalamnya, publik bisa memilih menu jenis pemilu, mulai dari pilpres, pileg DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Publik dipersilakan memilih provinsi, kecamatan, kelurahan, hingga nomor TPS yang ingin dilihat hasil penghitungan suaranya.

Dalam situs ini, terdapat dua jenis data hasil penghitungan suara yang tersaji.

Ada data numerik berbentuk tabel dan diagram hasil penerjemahan otomatis lewat teknologi optical character recognition (OCR) atau optical mark recognition (OMR).

Di samping itu, ada pula menu untuk melihat dan mengunduh formulir C-Hasil plano yang didokumentasikan langsung dari TPS.

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

Namun demikian, data yang tersaji di dalam Sirekap hanyalah alat bantu untuk keterbukaan hasil penghitungan suara.

Penghitungan suara secara resmi tetap dilakukan melalui mekanisme rekapitulasi berjenjang dari tingkat TPS, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, hingga pusat, dengan penandatanganan berita acara pada setiap tingkatan.

Baca juga: Masa Tenang, Ini Paslon yang Banyak Perbincangan di Media Sosial

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU