Rabu, 24 April 2024

Populasi eSIM Pada Perangkat IoT Diprediksi Bakal Mencapai 3,6 Miliar Sambungan

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Dipicu oleh kemajuan teknologi, perusahaan analis Omdia memperkirakan penggunaan eSIM siap untuk diadopsi secara massal pada perangkat IoT.

Jumlah perangkat yang terhubung diperkirakan akan meningkat dari 1 miliar pada 2023 menjadi lebih dari 3,6 miliar pada 2030 mendatang.

Dalam prediksinya, Omdia menyoroti bahwa pasar didorong oleh kombinasi peningkatan teknologi eSIM yang dibantu oleh standar baru, permintaan perusahaan, dan munculnya kemampuan yang berkurang, modul 5G Massive IoT dan LTE Cat-1bis.

Sebelumnya, Omdia mencatat, penerapan eSIM di IoT telah terhambat oleh “kendala pada daya, komputasi, dan intervensi pengguna akhir”, namun ia menyoroti bahwa hambatan-hambatan ini mulai berkurang.

Hal-hal yang dianggap mengalami peningkatan adalah kemampuan untuk beralih antar profil, peningkatan manajemen perangkat, dan persyaratan komersial yang lebih baik.

Peningkatan prospek ini sebagian disebabkan oleh spesifikasi GSMA SGP.31/32 yang dirilis pada tahun 2023 yang dirancang khusus untuk perangkat IoT.

Area industri yang paling banyak diadopsi pada tahun 2030 adalah pemantauan jarak jauh, energi dan utilitas, serta kota pintar.

Pemimpin praktik Omdia IoT Andrew Brown mengatakan spesifikasi yang baru dirilis ini sangat dibutuhkan, dan menambahkan bahwa spesifikasi tersebut “akhirnya mulai menjembatani kesenjangan antara penyediaan perangkat konsumen tradisional dan perangkat IoT yang lebih tradisional”.

“Hal ini akan membantu mempercepat penerapan di industri-industri utama, tidak hanya industri yang sudah lama menginginkan standarisasi eSIM seperti otomotif, namun juga di banyak industri lainnya”, ujar Brown.

Baca Juga: Sebentar Lagi Pengguna Bisa Transfer eSIM Antar Ponsel Android 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU