Adu Hebat Smartphone Rp 6 Jutaan Xiaomi, realme, Infinix. Unggul Mana?

Selular.ID – Melihat persaingan pasar smartphone di range harga Rp 6 Jutaan kian marak, Xiaomi yang masih baru hadir dengan smartphone Xiaomi 12T 5G nya, lalu bagaimana jika dikomparasi dengan smartphone dari brand lain seperti realme dan Infinix?

Kali ini redaksi Selular ingin menyandingkan seberapa hebat smartphone yang baru dikeluarkan oleh Xiaomi pada tanggal 1 Desember 2022 kemarin yakni Xiaomi 12T 5G, dengan brand lain.

Yang kami pilih dari brand lain tersebut diantaranya realme GT Neo 3 dan Infinix Zero Ultra.

Untuk kedua smartphone tersebut hadir pada tahun ini lebih tepatnya realme GT Neo 3 hadir pada bulan Juni 2022, dan untuk Infinix Zero Ultra hadir pada bulan Oktober 2022.

Dan berbicara soal harga, ketiganya semuanya mempunyai harga yang hampir mirip, Xiaomi 12T 5G dan Infinix Zero Ultra dijual Rp 6.599.000 dan untuk realme GT Neo 3 dikisaran harga Rp 6.999.000.

Baca juga : Duel Camera Smartphone, Zenfone 9 vs VIVO X80 Keren Mana?

Namun apakah keunggulan yang dihadirkan dimasing-masing ketiga smartphone tersebut masih sama? mari kita simak spesifikasinya berikut ini.

Processor/ Chipset

Diawali dari segi chipset yang dibekali dari ketiga smartphone tersebut. Uniknya, masih hampir sama baik Xiaomi, realme, dan Infinix di smartphone Rp 6 jutaannya ini dibekali dengan chipset dari MediaTek.

Yang mana chipset tersebut juga sudah mendukung jaringan 5G, Untuk smartphone Xiaomi 12T 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8100-Ultra, realme juga menggunakan MediaTek Dimensity 8100 tanpa ultra. Dan untuk Infinix Zero Ultra menggunakan chipset MediaTek Dimensity 920.

Jika melihat kemampuannya didalam hasil penilaian di AnTuTu Benchmark, untuk chipset Dimensity 8100 lebih baik ketimbang dengan Dimensity 920.

Kualitas Kamera

Dari pembekalan chipset tersebut terbentuklah dukungan untuk mendapatkan teknologi kualitas kamera yang mutakhir.

Pada segi kamera ini ketiga smartphone mempunyai kualitas yang berbeda, bahkan bisa dibilang sangat berbanding jauh.

Yang pertama dari smartphone Infinix Zero Ultra, smartphone ini memang mempunyai keunggulan dari segi kameranya, karena sudah dibekali kualitas kamera utama belakang sebesar 200MP.

Ini sangat besar untuk smartphone di kelasnya. Karena Xiaomi 12T 5G sudah dibekali kamera belakang utama sebesar 108MP, sedangkan untuk realme Neo 3 hanya dibekali kualitas kamera 50MP.

Dan pada kamera depannya juga masing-masing ikut berbeda, pada realme GT Neo 3 kualitas kameranya hanya 16MP, lanjut pada Xiaomi 12T 5G kualitas kamera depannya 20MP, dan Infinix Zero Ultra lagi-lagi unggul dari segi kameranya yakni sebesar 32MP.

Memori

Lanjut kali ini mengenai pembekalan memori dari masing-masing smartphone. untuk smartphone di range harga Rp 6 jutaan memang sudah sepatutnya ruang penyimpanan atau memori itu sudah sangat besar.

Dan ketiga smartphone ini dirasa sudah memenuhi hal itu, yang mana untuk Infinix Zero Ultra dan Xiaomi 12T 5G mempunyai varian RAM 8GB dan 256GB ROM.

Sedangkan untuk realme GT Neo 3 sedikit lebih banyak karena menyediakan 2 varian model memori, yakni untuk varian terendah RAM 8GB + 256GB ROM, serta di varian tertingginya RAM sebesar 12GB + 256GB ROM.

Kapasitas Baterai dan FastCharging

Selanjutnya juga yang dirasa sudah sangat penting bagi setiap smartphone di saat ini, karena dizaman sekarang masyarakat kian dekat dengan penggunaan smartphone untuk penunjang kerja dan menjadi perangkat hiburannya.

Menjadikan penggunaan baterai sangat diperlukan sekali, apalagi jika sudah dibekali dengan kapasitas yang besar, smartphone jadinya bisa digunakan seharian.

Dan untuk itu pada smartphone Xiaomi 12T 5G sudah dibekali dengan kapasitas baterai cukup besar yakni 5.000mAh sedangkan untuk realme GT Neo 3 dan Infinix Zero Ultra hanya dibekali kapasitas baterai 4.500mAh.

Bukan hanya pembekalan kapasitas baterai yang penting, pengisian dayanya juga harus cepat, karena masyarakat ingin menggunakan smartphone dengan waktu yang lama namun pada saat pengisian daya harus cepat biar bisa digunakan kembali.

Uniknya juga ketiga smartphone mempunyai teknologi fastcharging yang berbeda beda, namun bisa dikatakan sebenarnya pembekalan teknologi fastcharging ini sudah sangat besar.

Dimana pada smartphone Xiaomi 12T 5G sudah didukung teknologi fastcharging sebesar 120W, lalu untuk realme GT Neo 3 sudah dibekali 150W, sedangkan pada Infinix Zero Ultra dibekali lagi yang lebih besar yaitu sebesar 180W.

Sangat terlihat Infinix di teknologi fastchargingnya lebih unggul, namun untuk smartphone baik Xiaomi 12T 5G dan realme GT Neo 3 sudah sangat mumpuni.

Kesimpulan

Ketiga smartphone baik Xiaomi, Infinix, atau realme mempunyai keunggulan dimasing-masing sektor, kembali lagi kepada anda lebih baik mana diantara ketiga smartphone Rp 6 jutaan tersebut untuk anda miliki.

Baca juga : Selular Editor’s Choice 2022: Best Fast Charging Smartphone