Senin, 15 April 2024

Duel Sengit Antara Smartphone Xiaomi 14 dan iQOO 12

BACA JUGA

Selular.ID – Melihat perbandingan antara kedua smartphone kelas kakap yakni Xiaomi 14 dengan iQOO 12, kualitas bersaing, harga jumping.

Dalam dunia yang terus berkembang pesat, persaingan di pasar smartphone semakin memanas dengan munculnya berbagai inovasi dan teknologi terbaru.

Dua pemain utama dalam industri ini, Xiaomi dan iQOO, telah merilis produk terbaru mereka yang menjadi sorotan publik.

Di satu sisi, kita memiliki Xiaomi 14, yang masih segar larena diluncurkan tanggal 26 Maret 2024, dan di sisi lain, ada iQOO 12, yang hadir pada Desember 2023.

Dalam artikel ini, kami akan melakukan perbandingan serta melihat keunggulan antara kedua smartphone tersebut.

Desain dan Kualitas Layar

Xiaomi 14 dan iQOO 12 keduanya menampilkan desain yang futuristik dan menarik. Xiaomi 14 memiliki bodi yang ramping dengan bezel tipis, memberikan tampilan yang elegan dan modern.

Xiaomi 14 hadir dengan ukuran layar compact 6,3 inch dengan refresh rate 1-120Hz, dan sudah pasti mengusung kualitas panel AMOLED.

Di sisi lain, iQOO 12 menampilkan desain yang lebih agresif dengan bodi yang kokoh dan sudut-sudut yang tegas serta desain kap belakang masih hadir dengan nuansa BMW penambah kesan mewah.

iQOO 12 hadir dengan ukuran lebih besar 6,7 inch beresolusi 2800 x 2610p, dan dengan refresh rate yang lebih besar 1-144Hz, dan juga sudah berkualitas panel AMOLED.

Meskipun keduanya memiliki estetika yang berbeda, keduanya menawarkan kesan yang tangguh dan premium.

Performa : Chipset dan Kapasitas RAM

Kedua smartphone ini ditenagai oleh chipset terbaru yang menawarkan kinerja yang luar biasa.

Kali ini cukup imbang, karena kedua smartphone menggunakan chipset yang sama kuatnya yakni Snapdragon 8 Gen 3.

Chipset gahar yang memang diperuntukkan pada smartphone kelas kakap. Chipset ini menawarkan kinerja yang cepat dan responsif, sehingga cocok untuk bermain game berat atau menjalankan aplikasi multitasking.

Sementara itu, untuk kapasitas ruang penyimpanan sangatlah berbeda. Dan ini bisa dibilang juga salah satu yang menjadi perhatian bagi publik.

Xiaomi 14, smartphone kelas flagship tapi hanya menyediakan kapasitas memori sebesar 12GB+256GB. Berbanding jauh dengan iQOO 12 yang sudah dibekali memori 16GB+512GB.

Untuk keduanya juga dibekali dengan tipe memori yang sama, yaitu untuk RAM nya pakai LPDDR5X, Sementara untuk memori internal pakai UFS 4.0.

Pastinya dengan pembekalan memori lebih besar, lebih besar pula kesempatan bagi pengguna untuk menyimpan berbagai macam file tanpa khawatir penyimpanan penuh.

Kamera

Dalam hal kamera, Keduanya menawarkan kualitas foto yang luar biasa dengan reproduksi warna yang akurat dan detail yang tajam.

Tapi ketimpangan juga terlihat jelas disisi kameranya. Xiaomi 14 hadir dengan kualitas kamera utama 50MP dengan sensor hampir 1″, adanya OIS, lensa ultra wide 50MP, dan lensa 75mm 3,2 X zoom hadir dengan resolusi 50MP pula.

Sementara di iQOO 12 hadir dengan kualitas kamera utama 50MP yang juga punya sensor hampir 1″, OIS juga ada dengan kamera ultra wide 50MP pula. Namun untuk lensa jauhnya 3X zoom ini sudah dibekali resolusi 64MP.

Keduanya dibilang cukup setara, apalagi di Xiaomi 14 menggandeng Leica yang punya keunggulan dari bidang fotografi.

Harga

Setelah melihat perbandingan yang ada, kini berbicara soal harga. Harga merupakan faktor penting dalam memilih smartphone.

Xiaomi 14 dan iQOO 12 keduanya menawarkan nilai yang luar biasa dengan harga yang tidak bisa dibilang murah tapi cukup terjangkau bagi kelasnya.

Pada saat penjualan perdana iQOO 12 hadir dengan harga Rp 10.999.000, sementara harga Xiaomi 14 mungkin sedikit lebih tinggi yakni dibanderol Rp 11.999.000.

Kesimpulan

Disclaimer, redaksi Selular.ID bukan berniat ingin menjatuhkan salah satu pihak, baik itu untuk Xiaomi ataupun iQOO.

Kedua smartphone, Xiaomi 14 dan iQOO 12, menawarkan spesifikasi dan fitur yang mengesankan dengan desain yang menarik dan kinerja yang handal.

Pilihan antara keduanya bergantung pada preferensi pribadi pengguna dan kebutuhan spesifik mereka.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti layar, performa, kamera, fitur, dan harga, pengguna dapat memilih smartphone yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga : Xiaomi Lengkapi Ekosistem, 3 Produk IoT Langsung Diluncurkan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU