Duel Camera Smartphone, Zenfone 9 vs VIVO X80 Keren Mana?

VIVO X80 vs Zenfone 9
Duel Kamera Smartphone, VIVO X80 vs Zenfone 9

Selular.ID – Mencoba kehebatan dari dua camera smartphone yang hadir di tahun ini yakni VIVO X80 dan ASUS Zenfone 9, lebih unggul mana?

Redaksi Selular kali ini berkesempatan mencoba adu kehebatan camera dari smartphone yang belum lama rilis di Indonesia.

VIVO X80 dialah yang utama rilis jika dibandingkan dengan Zenfone 9, karena VIVO X80 edar di Indonesia mulai dari tanggal 26 Juli 2022 sedangkan Zenfone 9 rilis di tanggal 17 November 2022.

Bisa dikatakan redaksi Selular memilih kedua smartphone ini, karena faktor pertama itu masih dibilang kondisi baru rilis ditahun ini, faktor kedua juga sama-sama mempunyai keunggulan dari segi performanya.

Karena keduanya telah menggunakan chipset yang mempunyai kualitas tinggi, untuk VIVO X80 ditenagai oleh dual flagship chip yang dikonfigurasi ganda dari VIVO V1+ dan juga MediaTek Dimensity 9000.

Sedangkan untuk smartphone si kecil-kecil cabe rawit, ASUS Zenfone 9 menggunakan chipset gahar dari Snapdragon 8+ Gen 1.

Baca juga : Snapdragon 8 Gen 2 Beredar, Inilah Pilar Utama Yang Ditingkatkan

Jika dilihat dari AnTuTu Benchmark dari segi performa bisa dibilang ASUS Zenfone 9 unggul dari rivalnya VIVO X80. Tapi tidak usah khawatir karena keduanya masih sama-sama tergolong dari chipset flagship yang terkenal dengan performa kencang.

Beralih dari segi chipset, mari bahas dari pembahasan utama dari artikel ini, yaitu segi cameranya.

Uniknya kedua smartphone ini mengusung kamera belakang utama sebesar 50MP, tapi hanya segi itu saja yang sama keunggulan lainnya berbeda, simak selanjutnya.

VIVO X80 memiliki konfigurasi triple camera yang terdiri dari kamera utama 50MP, 12MP Portrait kamera, dan 12MP wide angle camera.

Sedangkan ASUS Zenfone hanya mempunyai dua konfigurasi camera, yakni kamera utama 50MP dan kamera ultra wide 12MP.

Hal lain yang hampir sama yakni dari segi bekalan sensor kameranya, yakni sama-sama menggunakan sensor IMX pabrikan Sony.

Namun kedua smartphone menggunakan sensor dengan type yang berbeda. VIVO X80 untuk kamera utamanya berbekalan sensor IMX 866, sedangkan Zenfone 9 pakai sensor IMX 766 untuk kamera utamanya.

Main Camera ASUS Zenfone 9
Main Camera ASUS Zenfone 9
Main Camera VIVO X80
Main Camera VIVO X80
Main Camera ASUS Zenfone 9 (2)
Main Camera ASUS Zenfone 9 (2)
Main Camera VIVO X80 (2)
Main Camera VIVO X80 (2)
Portrait Camera VIVO X80
Portrait Camera VIVO X80
Portrait Camera Zenfone 9
Portrait Camera Zenfone 9

 

Landscape ASUS Zenfone 9
Landscape ASUS Zenfone 9
Landscape VIVO X80
Landscape VIVO X80
Night Camera VIVO X80
Night Camera VIVO X80
Night Camera Zenfone 9
Night Camera Zenfone 9
Night Camera VIVO X80 (2)
Night Camera VIVO X80 (2)
Night Camera Zenfone 9 (2)
Night Camera Zenfone 9 (2)

Terlihat dari kualitas kameranya VIVO X80 unggul dari segi ini, terlihat lebih jernih dan konfigurasi pada saat penggunakan kamera mode malam terlihat cukup terang.

Karena VIVO X80 selain menggunakan sensor dari Sony IMX juga ditambah dengan kamera yang unggul dari Zeiss yang membuatnya terasa lebih cinematic.

Bisa dikatakan kedua smartphone ini jika hanya dilihat dari segi performa dan segi kameranya mempunyai skor 1-1 untuk keunggulan di masing-masing.

Zenfone 9 unggul dari segi performa, sedangkan VIVO X80 unggul pula dari segi hasil zepretan kameranya.

Tepat rasanya apabila anda ingin mencari smartphone dari keunggulan yang spesifik memilih antara dari segi performa ataupun dari kualitas kamera. Jadi, anda bisa menyesuaikan dalam mencari smartphone flagship keduanya bisa jadi rekomendasi.

Untuk mengetahui lebih detail harga, dan spesifikasi lainnya bisa baca artikel dibawah ini.

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Flagship Smartphone Vivo X80

Baca juga : Inilah Harga Zenfone 9 Yang Mulai Beredar di Pasar Indonesia