Sabtu, 18 Mei 2024

Sehari 3 Smartphone Hadir! Redmi 12 vs Tecno Pova Series, Pilih Mana?

BACA JUGA

Selular.ID – Kemarin, dua vendor mengeluarkan lini produk smartphone yang bakal menjadi andalannya untuk arungi pasar Indonesia, dijual di harga yang sama, pilih mana Redmi 12 atau Tecno Pova series?

Hanya satu hari, Selasa (01/08/2023) dua vendor smartphone yaitu Xiaomi dan Tecno meluncurkan smartphone di kelas yang sama.

Xiaomi meluncurkan produk unggulannya dari series Redmi 12 dan Tecno mengeluarkan dua lini series, yakni Pova 5 dan Pova Neo 3.

Sebenarnya Tecno juga hadirkan satu lini produk lagi, yaitu Tecno Pova 5 Pro, namun redaksi Selular.ID tidak memilihnya karena beda kasta.

Selain hadir diwaktu yang sama, baik Tecno Pova Series dan Redmi 12 dari sisi harganya juga hadir dengan harga Rp 2 jutaan.

Maka dari itu mari kita membahas aspek yang utama disetiap smartphone yang ditawarkan antara kedua vendor tersebut.

Chipset

Diawali dari sisi dapur pacu, baik Redmi dan juga Tecno, untuk lini series produk smartphone yang ditawarkan semuanya ini menggunakan chipset dari MediaTek.

Kelas chipsetnya pun belum support jaringan 5G, atau lebih tepatnya ketiga smartphone ini menggunakan chipset MediaTek Helio.

Tapi dari ketiganya pula, meskipun sama pakai MediaTek Helio, untuk model chipsetnya berbeda, itu yang membuat terlihat perbedaannya.

Redmi 12 mempercayai chipset MediaTek Helio G88, untuk Pova 5 menggunakan MediaTek Helio G99, dan Pova Neo 3 pakai chipset MediaTek Helio G85.

Perbedaannya ialah ada di kemampuan fabrikasi, dan bisa dibilang yang paling unggul ialah chipset yang tertancap di Pova 5.

Karena sudah bertenaga 6 nanometer, sedangkan yang lain 12 nanometer. Sudah pasti untuk performa dan kehematan baterai lebih diunggulkan MediaTek Helio G99.

Memori

Mungkin bisa dikatakan dari sisi memori tidak ada perbedaan yang signifikan. Karena dari ketiga smartphone telah dibekali memori RAM tertanam 8GB.

Serta untuk memori internalnya juga sama berada pada kapasitas 128GB dan 256GB.

Tapi dalam artian yang menghadirkan memori yang bervariasi tersebut hanya ada di Redmi 12, sedangkan berbeda dengan Tecno Pova Series yang membekali memori internal tidak beragam.

Seperti di Tecno Pova 5 itu dibekali memori internal hanya varian 256GB dan untuk Tecno Pova Neo 3 hanya ada varian 128GB.

Namun yang patut diacungi jempol ialah ketiga smartphone dengan berani menghadirkan memori yang sangat luas, meskipun di harga yang bisa dibilang terjangkau.

Kamera

Kali ini perbedaan kembali terlihat dari sisi kameranya. Redaksi Selular.ID tidak mencoba hasil fotonya, hanya saja melihat dari sisi resolusi kamera yang diberikan.

Redmi 12 sudah mengusung 3 kamera di bagian belakang. Kamera utamanya berkualitas 50MP, 8MP ultra wide, dan 2MP lensa macro.

Untuk Tecno Pova 5 hadir dengan 2 lensa kamera dibagian belakang. Untuk yang utama 50MP + AI.

Serta dari Tecno Pova Neo 3 itu mengusung resolusi kamera utama yang lebih kecil, yakni dengan 16MP + AI.

Kalau untuk masalah kamera selfie, dari ketiga smartphone semuanya kompak dengan membekali resolusi 8MP.

Baterai

Ini hal yang unik kembali tersaji, biasanya setiap smartphone kebanyakan kompak menghadirkan kapasitas baterai 5.000mAh, tapi kali ini tidak semua.

Hanya Redmi 12 yang masih mengusung kapasitas baterai sebesar 5.000mAh ditambah adaptor charger 18 watt.

Teruntuk Pova Series memang dari series sebelumnya juga lebih sering hadirkan kapasitas baterai yang badak.

Contohnya terbukti di smartphone teranyarnya kali ini, di mana untuk Tecno Pova 5 sudah dibekali kapasitas baterai besar 6.000mAh ditambah adaptor charger sebesar 45 watt. Tapi ini belum cukup besar.

Karena di Tecno Pova Neo 3 sudah dibekali kapasitas baterai yang lebih besar lagi yaitu hadir dengan 7.000mAh ditambah adanya adaptor charger 18 watt.

Ini membuat anda tidak perlu risau lagi baterai yang cepat habis pada saat pemakaian, karena bisa dikatakan 5.000mAh saja sudah cukup menemani pengguna seharian dalam bermain smartphone apalagi yang 6.000mAh atau 7.000mAh, pastinya lebih awet lagi dalam hal pemakaian.

Kesimpulan

Kualitas smartphone untuk saat ini memang pantas diacungi jempol, bagaimana tidak, smartphone kelas entry level atau lebih tepatnya di harga Rp 2 jutaan sudah miliki standarisasi yang tinggi.

Dan untuk ketiga smartphone yang hadir secara bersamaan ini juga patut di apresiasi. Ketiganya punya keunggulan di masing-masing lini jadi tinggal pengguna untuk menyesuaikan yang mana smartphone yang cocok untuk dipakai sehari-hari.

Dan perlu di ingat, redaksi Selular.ID membuat komparasi diantara ketiga smartphone ini bukan ingin menjatuhkan salah satu pihak, hanya saja memberikan panduan bagi para pembaca yang ingin membeli smartphone terbaik di harga Rp 2 jutaan.

Baca juga : Inilah Harga Redmi 12 Yang Hadir di Indonesia

Baca juga : Spesifikasi dan Harga Tecno Pova 5 Series 5G Edisi Free Fire

Baca juga : Muncul di Postel, Spesifikasi dan Desain Tecno Pova Neo 3 Mencuat

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU