Dapat 2,3 GHz Frekuensi Bekas Berca Tanpa Lelang, Ini yang Bakal Telkomsel Lakukan

Telkomsel dapat frekuensi bekas Berca.
Telkomsel dapat frekuensi bekas Berca.

Selular.ID – Telkomsel mendapat alokasi frekuensi tambahan pada pita frekuensi radio 2,3 GHz yang merupakan frekuensi bekas Berca.

Frekuensi tersebut, Telkomsel dapatkan setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengabulkan permohonan pengalihan penggunaan spektrum PT Berca Hardayaperkasa ke PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

“Berdasarkan hasil evaluasi, pada tanggal 1 November 2022, Menteri Komunikasi dan Informatika menetapkan persetujuan pengalihan hak penggunaan spektrum frekuensi radio pada pita frekuensi radio 2,3 GHz PT Berca Hardayaperkasa kepada PT Telekomunikasi Selular,” demikian keterangan Kominfo terakit peralihan frekuensi 2,3 GHz dari Berca ke Telkomsel, mengutip situs resmi Kominfo.

Peralihan frekuensi itu tercatat berlaku mulai 18 November 2022.

TONTON JUGA:

Adapun cakupan area dari frekuensi 2,3 GHz yang bakal Telkomsel dapatkan meliputi Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, serta Pulau Sulawesi bagian Selatan.

Menurut Telkomsel, frekuensi bekas Berca itu akan mereka manfaatkan untuk memperluas pemerataan akses jaringan broadband terutama di wilayah luar pulau Jawa.

Baca juga: Telkomsel Jadi Pemenang Lelang Pita Frekuensi 2,1 Ghz, Apa Dampaknya ke Pelanggan?

“Telkomsel akan mengoptimalkan alokasi pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk mengakselerasikan komitmen perusahaan dalam pemerataan akses jaringan broadband, terutama di luar Pulau Jawa, serta mendorong peningkatan pengalaman konektivitas digital yang berkualitas hingga pelosok negeri,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono.

Selain itu, frekuensi tersebut juga akan Telkomsel gunakan untuk menyediakan jaringan 4G dan 5G dalam mendukung aneka program prioritas pemerintah meliputi:

  • Destinasi Wisata Prioritas Danau Toba;
  • Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke;
  • Kawasan Industri Tanjung Enim, Bukit Asam Coal Based Industrial Estate / BACBIE;
  • Kawasan Nusa Dua, termasuk Konferensi Tingkat Tinggi G20;
  • KEK Mandalika, sirkuit Internasional Mandalika;
  • KEK Mandalika, lokasi wisata lainnya;
  • Destinasi Wisata Prioritas Labuan Bajo
  • Proyek Strategis Nasional: Ibu Kota Nusantara
Frekuensi bekas Berca

Baca juga: Gandeng Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel Uji Coba Akses Nirkabel Tetap