Gandeng Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel Uji Coba Akses Nirkabel Tetap

Gandeng Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel gelar uji coba Akses Nirkabel Tetap atau FWA.
Gandeng Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel gelar uji coba Akses Nirkabel Tetap atau FWA.

Selular.ID – Telkomsel bekerja sama dengan Ericsson (NASDAQ: ERIC) dan Qualcomm, melakukan uji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau Fixed Wireless Access (FWA).

Uji coba layanan ini menggunakan teknologi extended-range 5G dengan bandwidth 800 MHz pada frekuensi milimeter-wave (mmWave) 26GHz.

Telkomsel mengklaim uji coba layanan Akses Nirkabel Tetap atau FWA ini sudah mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Keunggulan FWA yakni jangkauan yang luas, kapasitas tinggi dan kemampuan latensi rendah dari 5G mmWave.

TONTON JUGA:

Harapannya tentu saja menawarkan potensi besar bagi penerapan teknologi FWA dan mendorong pemerataan, peningkatan dan percepatan transformasi digital nasional.

Berdasarkan hasil pengujian, kecepatan download masih bisa mencapai peak throughput 1 Gbps meskipun jaraknya sudah mencapai 7.9 kilometer di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

Baca juga: Gandeng Kredivo, Pelanggan Telkomsel Bisa Nikmati PayLater Rp3,5 Juta per Bulan

Hasil tersebut menunjukkan extended-range 5G milimeter-wave di frekuensi 26 GHz dapat menjadi salah satu solusi yang bermanfaat untuk layanan FWA dalam mendukung pengembangan beragam solusi digital.

Kawasan Danau Toba sendiri merupakan salah satu dari titik Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan layanan 5G yang Kominfo bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tunjuk.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan Telkomsel terus berupaya dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan ekonomi nasional untuk mendukung transformasi gaya hidup digital masyarakat Indonesia.

“Caranya tentu melalui ketersediaan akses teknologi mobile broadband terkini,” kata Wong Soon Nam.

“Kini, bersama mitra penyedia infrastruktur dan teknologi kami, Ericsson dan Qualcomm, Telkomsel secara konsisten terus berkolaborasi untuk tetap relevan dalam setiap penerapan teknologi jaringan terbaru, yang salah satunya melalui uji coba penerapan teknologi jaringan 5G mmWave di kawasan Danau Toba,” sambungnya.

Komentar Ericsson dan Qualcomm

Baca juga: Mulai Rp100 Ribu/Bulan, Telkomsel Pascabayar Sekarang Ada Paket Halo+