Apjatel: Yang Dibutuhkan Dalam Mewujudkan Transformasi Digital

Apjatel: Yang Dibutuhkan Dalam Mewujudkan Transformasi Digital
Apjatel: Yang Dibutuhkan Dalam Mewujudkan Transformasi Digital

Selular.ID – Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) menggelar kegiatan tahunan bertajuk Rakernas Apajatel 2022. Dalam Rakernas ini, Apajatel fokus pada yang dibutuhkan dalam mewujudkan trasnformasi digital.

Jerry Siregar, Ketua Umum Apjatel, mengatakan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi digital yang kian memberi ruang bagi tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia, diperlukan dukungan dari ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas dan merata hingga ke pelosok negeri.

Oleh sebab itu, Jerry mengatakan dalam Rakernas ini, pihaknya fokus pada langkah apa yang diperlukan dalam mendukung dan mewujudkan program transformasi digital nasional.

Baca Juga:Apjatel: Penetrasi Fixed Broadband Masih Fokus Ke Kota Besar Ketimbang Daerah

“Rakernas APJATEL tahun ini kami fokuskan pada langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mendukung dan mewujudkan program transformasi digital nasional,” ujar Jerry Siregar di Jakarta (29/11/22).

Jerry juga menyinggung perlu adanya penyusunan regulasi yang komperhensif dan berskala nasional.

“Regulatory Cost itu bisa menjadi sebuah beban seperti harga sewa lahan dan sebagainya, sehingga kita berharap bisa mempertahankan harga bandwith di mana satu harga bandwith untuk nasional,”tambahnya.

Sebagai informasi sampai dengan saat ini regulatory cost sudah mencapai lebih dari 10% dari total Capex penyedia jaringan telekomunikasi.

“Ada yang bilang sudah lebih dari 10% dan itu sudah menjadi alarm buat kita dari sisi bisnis,” tambah Jerry.

Ismail Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Dan Informatika Kominfo, menambahkan, dalam Rakernas ini dapat menjadi solusi dalam percepatan pembangunan, pagelaran termasuk pengoperasian jaringan kabel optik di Indonesia.

“Harapan saya dalam Rakernas ini, dapat memberikan masukan-masukan yang konstruktif buat pemerintah sehingga pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang bisa mensupport dan mempercepat pembangunan konektivitas fiber optic di Indonesia,” pungkasnya.

Rakernas APJATEL 2022 ini diharapkan mampu mencapai pemahaman bersama, bahwa kesuksesan transformasi digital nasional sangat bergantung pada pengembangan cakupan dan kapasitas infrastruktur digital, yaitu jaringan telekomunikasi.

Kedepannya, pemahaman yang diharapkan mencakup adanya Akselerasi, Kolaborasi, serta sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta institusi dan lembaga terkait dalam mewujudkan transformasi digital hasional.

Baca Juga:Apjatel: Pemerintah Perlu Beri ‘Gula-Gula’ agar Penetrasi Fixed Broadband Tumbuh Cepat

Kedepannya, hal ini juga akan sangat menentukan perkembangan investasi ekonomi digital di Indonesia.