Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Seberapa Penting Fitur Lockdown Mode di iOS 16

BACA JUGA

Selular.ID – Pembuat iPhone telah mengumumkan bahwa sistem operasi iOS 16 Apple yang akan datang akan menyertakan fitur baru yang disebut Lockdown Mode.

Dengan membatasi fungsionalitas iPhone, fitur keamanan iOS 16 memberikan perlindungan tambahan bagi pengguna yang mungkin rentan terhadap serangan siber oleh spyware yang ditargetkan, yakni lockdown mode.

Lockdown Mode adalah “kemampuan terobosan yang mencerminkan komitmen teguh kami untuk melindungi pengguna dari serangan paling langka dan paling canggih sekalipun,” kata Ivan Krstić, kepala teknik dan arsitektur keamanan Apple.

Mode kunci tidak cocok untuk semua orang seperti yang ditunjukkan Krstić, sebagian besar pengguna iPhone bukanlah korban serangan siber yang sangat ditargetkan seperti:  Serangan “Zero click” oleh spyware Pegasus.

Baca juga : Cara Edit dan Unsend Pesan iMessage di iPhone iOS 16

Dikembangkan oleh NSO Group untuk digunakan melawan penjahat, Pegasus ditemukan di telepon seseorang di dekat jurnalis Khashoggi yang terbunuh pada 2018. “Mereka menghadapi ancaman  keamanan digital yang serius.”

Menurut Apple, mode penguncian menawarkan “tingkat keamanan opsional yang ekstrem.” Namun, meskipun mode penguncian meningkatkan perlindungan perangkat, mode ini sangat membatasi fitur tertentu. Ini adalah trade-off dengan keamanan yang  kuat.

Misalnya, mode blokir memblokir sebagian besar jenis lampiran pesan kecuali gambar  dan menonaktifkan fitur seperti pratinjau tautan.

Undangan masuk dan permintaan layanan, termasuk panggilan FaceTime, diblokir jika pengguna belum pernah melakukan panggilan atau permintaan ke pemrakarsa.

Saat iPhone terkunci, itu memblokir koneksi kabel ke komputer atau aksesori Anda. Tidak ada keraguan bahwa mode penguncian

memberikan visual yang sangat baik untuk menunjukkan kemampuan Apple untuk melindungi dari serangan berisiko tinggi yang menargetkan sejumlah kecil orang. Tahun lalu, saya menyadari betapa mudahnya serangan iPhone terjadi tanpa diketahui orang.

Baca juga : Melihat Adanya Bug Pada iOS 16, Berbahayakah Bagi Pengguna iPhone?

Jadi bisa dikatakan penting atau tidak mode lockdown ini, Jika Anda adalah pengguna iPhone biasa, sebenarnya tidak perlu. Namun, jika Anda adalah seorang yang mempunyai risiko diserang ada baiknya Anda memanfaatkannya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU