Hati-Hati Terhadap Modus Penipuan Bitcoin, Mengaku Perusahaan Ternama

Penipuan Bitcoin

Selular.ID – Selalu ada cara baru bagi kejahatan cyber, yang lakukan modus penipuan  Bitcoin dengan mengatasnamakan Perusahaan ternama.

Salah satu taktik klasik, namun dengan modus penipuan Bitcoin adalah aktivitas cyber crime yang baru terjadi belakangan ini.

Modus ini ditemukan oleh Pakar dari Kaspersky, dimana para penjahat membuat situs palsu bertuliskan Perayaan Ulang Tahun ke-30 NVIDIA.

Baca Juga: Bitcoin Membaik 18%, Pasar Kripto Ikut Stabil Dalam Sepekan

Memberikan penawaran bagi pengunjung untuk berpartisipasi, yang mendapatkan kesempatan hadiah total 50 ribu bitcoin.

Menariknya para penjahat siber menggunakan logo Nvidia yang salah dari yang seharusnya berwarna hijau menjadi ungu.

Ada tombol “Participate” jika diklik akan membawa pengunjung ke laman berikutnya yang berisi informasi detail mengenai pembagian hadiah.

Tapi, semakin memperjelas ini adalah aktivitas scam terlihat banyak kesalahan ejaan, yang tidak biasa ditemukan pada perusahaan terkemuka seperti NVIDIA.

Baca Juga: Nvidia Melalui Geforce Now Buat Game Android Dengan Kualitas Grafis 120FPS

Pada intinya membujuk korban untuk mendonasikan sejumlah uang sebelum memenangkan hadiah. .

Nantinya  partisipan yang berhasil akan diberi tahu bahwa mereka dapat menggandakan donasi atau bahkan memperoleh ‘jackpot’ sebesar 50 ribu bitcoin.

Laman tersebut mencakup kredensial dompet kripto bagi pengguna untuk mengirimkan ‘donasi’ mereka.

Kemudia ada bukti bahwa dompet scammers  yang dapat diperiksa di situs blockchain.com, hanya memiliki 0,42 BTC ( setara dengan 8,495 USD) jauh lebih sedikit daripada 50 ribu bitcoin yang diiklankan.

Baca Juga: Kaspersky: Penjahat Siber Gali Informasi Sistem Perusahaan dari Dark Web

Tidak pasti apakah jumlah di sana telah dibentuk oleh sumbangan atau tidak, tetapi beberapa transaksi dari pengirim yang tidak dikenal dapat dilacak di riwayat akun.

Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky, mengungkapkan bahwa penipuan Bitcoin dengan nama terkenal sudah sering terjadi, namun sebaiknya teliti sebelum bertindak.

“Penipuan crypto yang menggunakan foto selebriti, atau merek terkenal menjadi marak belakangan ini. Kali ini, penyerang melakukan hal yang lebih jauh, membuat situs palsu mengatasnamakan CEO NVIDIA dan menghubungkan situs ke acara spesial perusahaan. Saran utama kami adalah untuk berhati-hati menelusuri tautan yang Anda ikuti di internet, dan hindari donasi dalam bentuk apapun dari sumber yang belum terpercaya.”, ujar Olga.