Apple Bakal Buang Port Lightning di iPhone 15 Ganti Dengan USB

Apple Bakal Buang Port Lightning di iPhone 15 Ganti Dengan USB
Apple Bakal Buang Port Lightning di iPhone 15 Ganti Dengan USB

Selular.ID – Informasi sebelumnya menyebutkan Apple bakal menghilangkan takik yang menjadi khasnya pada iPhone 2024 atau iPhone 15. Sekarang, informasi baru dari Analis Apple Ming-Chi Kuo menyebutkan bahwa Apple bakal membuang port Lightning iPhone dan mengantinya dengan USB.

Menurut Kuo, Apple mengganti port Lightning dengan port USB Type-C yang lebih banyak digunakan untuk iPhone 15.

Kuo mengatakan kalau survei rantai pasokan terbaru menunjukkan bahwa Apple akan membuang Lightning demi USB-C pada tahun 2023.

Port USB-C baru Apple ini akan meningkatkan kecepatan transfer pada iPhone dan mempercepat pengisian daya baterai.

Baca Juga:Apple Bakal Perkenalkan Kamera Telefoto Baru pada iPhone 15

Sebelumnya Kuo mengatakan kalau Apple akan tetap mempertahankan Lightning di iPhone.

Alasannya, beralih ke USB-C berpengaruh buruk bagi bisnis MiFi Apple dan port tersebut dinilai memiliki spesifikasi tahan air lebih rendah.

Apple sendiri pertama kali menggunakan port Lightning sejak kehadiran iPhone 5 yang tetap berlanjut hingga iPhone 13 tahun ini.

Padahal banyak brand smartphone yang sudah menerapkan port USB-C di ponsel buatannya.

Kini Apple telah mengubah rencananya. Salah satu alasan yang paling kuat mungkin juga karena tekanan dari Uni Eropa.

Uni Eropa sendiri tengah menyiapkan undang-undang baru yang memaksa Apple untuk mengadopsi USB-C untuk semua iPhone, iPad, dan AirPods yang dijual di Eropa.

Jika disahkan, maka Apple harus mengirim produknya ke Eropa dengan USB-C tapi mempertahankan produk Lightning di luar Eropa, atau mengadopsi semua perangkat dengan USB-C.

Perpindahan ke USB-C akan memudahkan alur kerja tersebut, juga mendukung aksesori USB-C lebih banyak.

Informasi sebelumnya menyebutkan kalau Apple masih mempertahankan port Lightningsembari menyiapkan iPhone tanpa port.

Perubahan ini mungkin akan menjadi yang terbesar untuk jajaran iPhone dalam beberapa tahun terakhir. Seri iPhone selalu memiliki port Lightning sendiri, membuat pengguna iPhone membawa kabel terpisah untuk mengisi daya ponsel.

Kuo tidak merinci apakah perubahan akan eksklusif untuk model iPhone 15 Pro atau semua ponsel di seluruh seri, jadi sulit untuk mempertimbangkan masalah ini untuk saat ini.

Apple telah memiliki sejarah membawa inovasi baru ke model Pro terlebih dahulu, dan meskipun Type-C bukanlah port baru, Apple mungkin mencari lebih banyak pembeda antara model Pro dan non-Pro.

Rumor iPhone tanpa port telah beredar cukup lama sekarang, tetapi jika perusahaan mengambil port Type-C untuk penerus iPhone 14, tampaknya kita masih bisa jauh dari iPhone tanpa port.

Baca Juga:iPhone 15 Pro Bakal Bawa Kamera Periskope 5x

Terlepas dari itu, port USB-C yang datang ke seri iPhone akan menjadi perubahan yang disambut baik, terutama bagi mereka yang berada di ekosistem Apple.

Apple telah membawa port Type-C ke Macbook dan bahkan iPad. Dengan seri iPhone juga mengambil port universal, pengguna Apple akan memiliki satu kabel lebih sedikit untuk dikhawatirkan dan akan dapat membuang port Lightning untuk selamanya.